[ 16 Agustus 2019 by diskominfo 0 Comments ]

Talk Show Lensa Sergai Bersama Dinkes : Kawasan Bebas Rokok

Sei Rampah,

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) akan mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sergai Nomor 10 Tahun 2013 Tentang Kawasan Tanpa Rokok melalui live program talk show Lensa Sergai.

Demikian disampaikan narasumber UPT Dinas Kesehatan, Mey Adelina, S.ST, M.Kes pada saat live talk show Lensa Sergai, Jumat (16/8) bertempat di  studio Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah.

“Kami hari ini ingin berbagi informasi terkait Perda Nomor 10 Tahun 2013 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Dan kawasan mana saja yang harusnya bebas rokok,” ujarnya.

Dikatakan Mey, seperti yang telah kita diketahui, rokok memberikan banyak dampak berbahaya untuk kesehatan manusia. Bagi si perokok aktif maupun pasif. “Bahaya rokok sangat urgen. Dari tingkat kematian yang cepat, sakit paru- paru, jantung, dan terutama yang sangat bahaya adalah ketika ada orang yang merokok kita terkena asap rokok tersebut,” jelasnya.

“Di dalam Perda ini, ada beberapa kawasan tanpa rokok yang harus kita ketahui bersama, seperti di tempat-tempat umum, kantor, tempat ibadah dan khususnya di sekolah-sekolah,” pungkas Mey.

Lebih lanjut dijelaskan Mey, Perda tentang kawasan tanpa rokok dibuat untuk membatasi perokok sehingga tidak mengganggu orang lain. Diharapkan dengan pembatasan itu, dapat mengurangi dampak negatif rokok bagi kesehatan.

“Perda KTR bertujuan untuk melindungi perokok pasif, sehingga ketika ada yang merokok tidak mengganggu orang lain di sekitarnya. Dan hal ini sebagai upaya Pemerintah untuk memutus mata rantai perokok,”imbuh Mey.

Dan di didalam Perda ini juga dapat kita sampaikan bahwa, jangan jadikan merokok sebagai suatu hal yang biasa dilihat oleh anak- anak. Karena merokok memiliki sifat adiktif atau kecanduan, serta untuk membatasi agar tidak merokok di sembarang tempat, tidak merokok dekat anak-anak, ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *