[ 30 Juli 2019 by diskominfo 0 Comments ]

Talk Show Lensa Bersama Dispursip Sergai : Pengelolaan Arsip Dinamis Dan Statis

Sei Rampah,

Arsip merupakan suatu rekaman kegiatan atau suatu peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai  dengan kondisi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima baik oleh lembaga Negara, Pemerintahan Daerah, Lembaga Pendidikan, Perusahaan, Organisasi  Politik, Organisasi Kemasyarakatan, Perorangan dalam rangka pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikian disampaikan narasumber Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispursip) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Dra. Salmiah pada Talk show Lensa Sergai, Selasa (30/7) bertempat di  studio Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah.

Dikatakan Dra Salmiah, adapun bentuk arsip dapat berupa sebuah rekaman,  tulisan, gambar, ataupun suara yang memiliki nilai guna dan disimpan untuk menjamin keselamatan dan tersedianya kembali data yang diperlukan apabila dibutuhkan kembali.

“Ada dua jenis arsip yang dikelola pad Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sergai, yaitu arsip dinamis dan arsip statis,” jelasnya.

Dra Salmiah menjelaskan, arsip dinamis adalah arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpan selama jangka waktu tertentu. Arsip dinamis yang terdiri dari arsip vital dan arsip aktif.

“Pengelolaan arsip dinamis merupakan suatu proses pengaturan arsip dinamis secara efisien, efektif, dan juga sistematis yang meliputi dari penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan serta mengurangi arsip yang sudah tidak diperlukan lagi,” pungkasnya.

Sedangkan arsip statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip dan memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis masa retensinya, dan mempunyai keterangan dipatenkan atau disimpan di Arsip Nasional.

Lebih lanjut dijelaskan Dra Salmiah, pada dasarnya pengelolaan dan pemeliharaan arsip baik secara dinamis maupun statis dilakukan untuk menjamin keamanan dan keselamatan serta kelestarian arsip tersebut. Dan pemeliharaan arsip dapat dilakukan dengan cara yang benar dan tepat. Selanjutnya, arsip akan terhindar dari kerusakan yang timbul dari berbagai kemungkinan adanya binatang serangga, kutu, jamur dan sebagainya. Kita juga harus  membersihkan ruangan secara rutin dan berkala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *