[ 4 Juli 2022 by diskominfo 0 Comments ]

Di Apel Pagi, Kadis Kominfo Sergai Sampaikan Pentingnya Menerapkan “5 Olah”

Sei Rampah,

Sebagai kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap hari senin, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai kembali melaksanakan apel pagi. Apel pagi digelar di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (4/7/2022). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si dan diikuti oleh para Kabid, Kasi, Staf dan Tenaga Kontrak Dinas Kominfo.

Dalam arahannya, Kadis Kominfo menyebut ada 5 “Olah” yang wajib diketahui oleh seorang ASN dalam menjalankan rutinitas, baik pekerjaan maupun dalam keseharian.

“Kelima “Olah” tersebut yang pertama adalah olah pikir. Olah pikir ini berhubungan dengan aktivitas untuk menambah wawasan kita. Salah satu careanya adalah dengan membaca. Banyak sumber referensi yang bisa kita gunakan untuk memperluas cakrawala berpikir dalam proses olah pikir ini,” ucap Kadis Kominfo.

Akmal melanjutkan, olah yang kedua adalah “Olah Jiwa”. Menurutnya, olah jiwa adalah aspek pengendalian emosi seseorang dalam aktivitas sehari-hari.

“Sebagai manusia, kita memang memiliki aspek emosi, namun jangan sampai emosi tersebut mengambil alih diri kita dalam bertindak dan mengubah kita jadi sosok yang emosional dan tempramental,” katanya.

Selanjutnya Kadis Kominfo menyampaikan “Olah” yang selanjutnya yaitu Olah Rasa. Dirinya menjelaskan, soal olah rasa ini jika dihubungkan dengan aspek pekerjaan, maka berhubungan dengan loyalitas terhadap tugas dan pimpinan.

“Kita perlu menjaga loyalitas terhadap atasan dan juga terhadap tanggung jawab yang kita emban. Selain itu kemampuan mengolah rasa juga berhubungan dengan sinergitas dan kerja sama yang terjalin dengan rekan-rekan demi mencapai tujuan bersama,” katanya lagi.

Kemudian ia menambahkan poin selanjutnya, “olah waktu”. Untuk aspek ini, Akmal mengatakan pentingnya seseorang untuk memanfaatkan waktu seefisien dan seefektif mungkin.

“Waktu adalah sesuatu yang terus berjalan, tidak bisa berhenti dan pasti akan hilang. Jika ada sesuatu yang bisa kita selesaikan hari ini, jangan ditunda. Don’t wait until tomorrow what you can do today. Besok akan ada tugas dan kerja lain yang menunggu. Kalau sering menunda, semuanya akan menumpuk dan jelas buruk bagi kita,” ujarnya.

Akmal kemudian menyebut “Olah” terakhir yang tak kalah penting, yaitu olahraga. Baginya, olahraga adalah aktivitas penting yang mesti rutin dilaksanakan demi menjaga metabolisme dan kesehatan seseorang.

“Rutinitas padat yang dilakukan jangan sampai membuat kita lupa menjaga kesehatan. Rajin olahraga adalah salah satu hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga stamina. Perhatikan juga asupan makanan dan istirahat yang cukup,” ucap Akmal lagi.

Menutup arahannya, sambil berkelakar, dirinya menyebut ada satu olah yang berbahaya untuk dilakukan yaitu “raja olah”.

“Bekerja maksimal, bekerja lurus. Lakukan yang terbaik dan yang terpenting, jangan pernah lelah mencintai Kabupaten Sergai,” tandasnya. (Dinas Kominfo Sergai).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *