[ 6 Juli 2022 by diskominfo 0 Comments ]

Tim Media Center Sergai Ikuti Jarkom Penulisan Berita dan SEO Kominfo

Sei Rampah, 
Tim Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai ( Kominfo Sergai) mengikuti bimbingan teknis (bimtek) Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom) yang dihelat oleh Kementerian Kominfo, di Harris Hotel, Kota Batam, Rabu (6/7/2022).
Bimtek Jarkom edisi Media Center Daerah ini bertemakan menulis berita online dan teknik Search Engine Optimization (SEO).
Kepala Dinas Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, saat ditemui di Komplek Kantor Bupati Sergai Sei Rampah, menyampaikan jika Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Tim Pengelola Media Center dalam proses diseminasi informasi pemerintah ke hadapan publik.
“Media Center Sergai merupakan salah satu corong informasi utama Pemkab Sergai dalam menyampaikan berbagai kebijakan daerah, hasil kerja, maupun informasi lain yang perlu untuk diketahui masyarakat,” ujarnya.
Dirinya berharap, lewat Bimtek ini para pengelola Media Center di Dinas Kominfo Sergai mendapat ilmu dan pengetahuan yang lebih segar langsung dari praktisi berpengalaman.
“Selain sebagai ujung tombak informasi daerah, Dinas Kominfo lewat Media Center-nya juga harus mampu menciptakan narasi tunggal informasi kebijakan pemerintah pusat. Untuk mencapai proses tersebut, tentu dibutuhkan pengetahuan khusus. Lewat kegiatan ini diharapkan, penguasaan hal tersebut bisa makin meningkat,” tutur Akmal.
Dalam kesempatan itu, lanjut Akmal, Direktur Pengelolaan Media, Kementerian Kominfo Nursodik Gunarjo juga menginformasikan kalau Jarkom ini dibentuk sebagai wadah untuk meningkatkan kapasitas pengelola Media Center di daerah.
“Jarkom ini jadi kawah pelatihan jurnalistik. Bagaiman meningkatkan kapasitas kawan-kawan kita yang ada di daerah. Lewat kegiatan ini, pejuang informasi mendapatkan informasi bagaimana membuat sebuah narasi tunggal pemerintah lewat diseminasi informasi di daerah,” ujarnya.
Ia juga menyebutkan, yang terpenting adalah bagaimana menyampaikan informasi secara baik, tidak sekadar banyak.
“Yang perlu juga, isinya mudah dipahami, satu narasi dan tidak kontradiktif,” ujar Nursodik.
Sebagai pemateri, Bimtek Jarkom Kominfo kali ini menghadirkan Redaktur Pelaksana Indonesia.go.id, Elvira Indah Sari dan jurnalis senior sekaligus Redaktur Opini Media Indonesia, Eko Suprihatno. (Kominfo Sergai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *