[ 1 Februari 2019 by diskominfo 0 Comments ]

Talkshow Lensa Sergai, Dinas PMD Sosialisasi Pilkades

Sei Rampah,

Edisi talkshow Lensa Sergai, Jumat (1/2) mengudang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), dengan narasumber adalah Kasi Potensi Desa dan TTG Muhammad Rusdi Nst bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah.

“Dalam rangka pemilihan kepala desa serentak yang dilaksanakan di 122 Desa se-Kabupaten Sergai, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2019,” ungkap Rusdi mengawali talkshow.

Dijelaskannya, sosialisasi ini dilakukan agar pemilihan kepala desa serentak nantinta bisa lebih baik dibandingkan sebelumnya.

“Ini kita lakukan agar pemilihan Kades nantinya bisa lebih baik dan berbobot sehingga apa yang diinginkan bisa tercapai,” ujarnya.

Selain itu, Rusdi mengatakan bahwa nantinya akan dibentuk Panitia Pencalonan Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (P4KD) pada beberapa TPS yang terbentuk.

“Untuk mengantisipasi terjadinya perlambatan pemilihan makanya kita buat beberapa TPS untuk menghindari penumpukan warga, diaturan pencoblosan hanya sampai jam 1, jadi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan makanya dibuat beberapa TPS,” jelasnya.

Terkait P4KD, akan ada syarat dalam menunjuk P4KD yakni anggota BPD, bahkan guru maupun kepala sekolah tidak dapat menjadi bagian dari P4KD.

“Yang bisa menjadi anggota P4KD itu seperti staf desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan LSM lainnya,” katanya.

“Kita berharapa, pemilihan kades tahun ini akan berjalan sukses, dan Kades yang terpilih bisa membuat desanya lebih maju mengingat anggaran dana desa telah ada dari pemerintah pusat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *