[ 9 Juli 2019 by diskominfo 0 Comments ]

Rapat Tim Monitoring Pengendalian Menara Telekomunikasi

Sei Rampah,

Jajaran Tim Monitoring Pengendalian Menara Telekomunikasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai) menggelar rapat terkait pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta penerbitan Surat Keterangan Retribusi Daerah (SKRD) Pengendalian Menara Telekomunikasi di wilayah Kabupaten Sergai Tahun 2019, bertempat di Ruang Data Center Dinas Kominfo, Selasa (9/7).

Rapat yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai turut mengundang OPD terkait yang ikut menjadi tim, yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, BPKA dan Bagian Hukum.

“Rapat ini sebagai implementasi dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai,” jelas Asisten I Herlan Pangabean saat membuka rapat.

Dikatakan Asisten I, sebelum akhir tahun 2019, OPD terkait harus menyelesaikan pengutipan retribusi menara telekomunikasi pada provider-provider yang masih menunggak, agar PAD yang di bebankan kepada Pemkab Sergai dapat tercapai.

Kabid PIKP Dinas Komnfo, H Zainal Abidin juga mengungkapkan bahwa, tahun ini jumlah PAD yang dibebankan dari retribusi menara telekomunikasi  tersebut sebesar Rp. 691.419.000,-.

“Kami mengajak  OPD terkait untuk saling bersinergitas melakukan monitoring dan pengawasan menara telekomunikasi sesuai dengan tupoksi, sebab secara umum Kominfo hanya berfokus pada pengambilan retribusi dan tidak menyangkut izin tata kelola, kelayakan bangunan maupun izin bangunan. Dan retribusi yang dibayarkan langsung disetor ke pusat, bukan melalui kas Kominfo, “ pungkas Zainal Abidin.

Dinas Kominfo sudah mulai melakukan  monitoring dan pengawasan menara telekomunikasi yang berada di wiilayah Kabupaten Sergai pada awal Juli 2019. Kami akan mengecek ke lapangan dan pendataan ulang tower-tower yang dimiliki masing-masing perusahaan, jelasnya.

Sebagai informasi, dari data yang ada pada Dinas Kominfo, terdapat 242 tower yang berada di wilayah Kabupaten Sergai. Tahun ini bertambah sebanyak 22 tower, dimana tahun 2018 sebanyak 220. Dan dari total tower yang ada baru 52 tower yang disurvei lokasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *