[ 26 Agustus 2020 by diskominfo 0 Comments ]

Kominfo Sergai Gelar Monitoring Menara Telekomunikasi di 17 Kecamatan

Sei Rampah,

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai (Kominfo Sergai) kembali melaksanakan agenda monitoring menara telekomunikasi di 17 kecamatan.

Ditemui di Kantor Dinas Kominfo, Rabu (26/08/2020), Kepala Dinas Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, menyebut kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan pendataan dan monitoring atas pemeliharaan menara telekomunikasi.

“Ada 242 menara telekomunikasi yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Sergai. Keberadaan menara telekomunikasi ini tentu saja sangat penting fungsinya dalam menjamin lancarnya komunikasi dan transmisi data yang dilakukan oleh publik, sehingga perlu dilakukan pengawasan dan pengecekan terkait kondisi fisik menara maupun kelayakan operasionalnya. Selain itu, monitoring ini juga akan menjadi acuan data untuk penarikan retribusi bagi PAD,” jelas Akmal.

Teks Foto : Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Kamaluddin Saragih, S.Pd.I, M.Si didampingi Kasi Kehumasan Layanan Informasi dan Kom. Publik Nurlenti Purba, S.Sos, M.IKom dan Hans Immanuel Prawira Siahaan, S.IKom saat melakukan monitoring menara telekomunikasi bersama petugas dari provider menara di Kecamatan Sipispis”

Dalam operasional menara telekomunikasi, Akmal mengatakan sesekali terjadi konflik antara pihak provider dengan masyarakat yang berdomisili di sekitar bangunan menara.

“Monitoring ini juga ditujukan untuk menyerap informasi dan masukan dari masyarakat sekaligus memetakan konflik yang mungkin terjadi terkait operasional menara. Konflik yang ada biasanya disebabkan efek induksi akibat kerusakan komponen menara. Untuk permasalahan tersebut, pihak provider dapat melakukan komunikasi dan mediasi dengan masyarakat. Dalam proses ini, Dinas Kominfo akan membantu menjembatani dan mengawasi prosesnya,” sebut Akmal lagi.

Akmal mengatakan akan diturunkan tim dari Pemkab Sergai yang didampingi oleh pihak provider untuk mendukung proses monitoring. “Monitoring ini sudah dimulai sejak kemarin (25/08) dan direncakan selesai Oktober nanti. Hasil lengkap monitoring juga dapat diakses oleh masing-masing provider lewat portal aplikasi yang sudah disediakan,” tambahnya.

“Kita berharap kedepannya pelayanan telekomunikasi dari masing-masing pihak dapat semakin berkualitas agar visi-misi Sergai menuju Kabupaten yang unggul, inovatif dan berkelanjutan dapat terwujud,” pungkas Akmal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *