[ 11 Februari 2020 by diskominfo 0 Comments ]

Kadis Kominfo Sergai Dampingi Sekadakab Terima SAKIP Award 2019

Batam,

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai (Kadis Kominfo Sergai) Drs. H. Akmal, AP, M.Si mendampingi Bupati Ir H Soekirman yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M Faisal Hasrimy, AP, MAP, dalam penyerahan hasil evaluasi atas penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award yang dihadiri langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo di Radisson Golf and Convention Center, Kota Batam, Senin (10/2/2020). Atas kinerja SAKIP yang baik, Kabupaten Sergai memperoleh predikat B sehingga layak menerima penghargaan yang diserahkan oleh MenPAN-RB.

Akmal menyebut sebanyak 185 Pemda yang terdiri atas 11 provinsi dan 174 kabupaten dan kota di Wilayah I diberikan hasil evaluasinya serta rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan di tahun selanjutnya. “Setiap tahun, Kementerian PANRB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah.”

Lebih lanjut disampaikannya, tujuan evaluasi SAKIP ini adalah menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government) serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

“Sesuai dengan arahan Bupati yang disampaikan oleh Sekdakab, tahun ini kita akan melakukan evaluasi secara besar-besaran untuk seluruh kinerja dan kualitas OPD yang ada di Kabupaten Sergai. Perbaikan akan dimulai pada aspek efisiensi yaitu pelaksanaan program kegiatan pemerintahan akan diefisiensikan semaksimal mungkin dengan melakukan casecading. Semua kegiatan juga harus bersinergi dengan 21 capaian kinerja Bupati dan Wabup Sergai,” jelas Akmal.

Kadis Kominfo melanjutkan, prestasi ini merupakan peningkatan dibanding raihan tahun 2018. “Ada peningkatan poin walau tidak terlalu siginifikan. Tahun 2018 Sergai memperoleh 62,87. Di tahun ini poin Raihan naik menjadi 64,32. Semoga untuk periode kedepan, nilai yang diperoleh bisa semakin meningkat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *