[ 15 Februari 2021 by diskominfo 0 Comments ]

Disiplin Prokes: Langkah Penting Tuntaskan Pandemi

Sei Rampah,
Penerapan protokol kesehatan (prokes) menjadi perhatian khusus Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Sergai yang juga merupakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor Dinas Kominfo Sergai, Sei Rampah, Senin (15/02/2021).
“ Optimisme pelaksanaan vaksinasi di Indonesia harus dibarengi dengan serangkaian aksi lanjutan. Penerapan prokes adalah salah satu kunci penting dalam usaha kita bersama menyelesaikan tantangan pandemi Covid-19 yang sampai hari ini masih belum selesai,” kata Akmal.Akmal menginformasikan, baru-baru ini Satgas Covid-19 Sergai baru saja melakukan aksi pemantauan penerapan prokes di beberapa lokasi wisata yang ada di Kecamatan Pantai Cermin.
“ Pada Jumat lalu (12/02/2021), saya bersama jajaran Kepala OPD dan Koordinator Trantibum Satgas Covid-19 Provsu Indra Syahputra Lubis, SE, memantau penerapan prokes di berapa titik objek wisata yaitu di Pantai Wong Rame, Pantai Pondok Permai, Pantai Bali Lestari dan Theme Park Pantai Cermin. Dari hasil pantauan kami, prokes sudah diterapkan cukup baik di lokasi-lokasi tersebut. Hal ini ditandai dengan diwajibkannya pengunjung menggunakan masker dan tersedianya fasilitas cuci tangan yang memadai. Selain itu pengelola juga mengingatkan agar pengunjung tidak berkerumun,” jelasnya.
Terkait sosialisasi prokes, Akmal menyebut Satgas Covid-19 Sergai telah melakukan serangkaian aksi dan edukasi yang masif terkhusus ke para pengelola objek wisata demi menghindari terbentuknya kluster baru yaitu dengan menjalankan prokes secara benar dan disiplin.
“ Dalam kesempatan pemantauan kemarin, pihak Satgas Provinsi Sumut juga menyarankan agar pengelola melakukan pembatasan pengunjung sampai setengahnya atau sebesar 50%. Akan tetapi mereka menilai penerapan prokes di Kabupaten Sergai termasuk relatif baik. Kedepannya, Satgas Covid-19 Sergai juga akan terus aktif melakukan aksi serupa, tidak hanya di lokasi wisata saja namun juga di tempat-tempat aktivitas masyarakat lainnya yang rawan membentuk kerumunan. Ini demi memastikan angka kasus konfirmasi positif Corona di Kabupaten Sergai berkurang dan bahkan hilang,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *