[ 3 September 2021 by diskominfo 0 Comments ]

Dinas Kominfo Apresiasi FISIP USU Gelar FGD Literasi Digital di Sergai

Sei Rampah,

Dinas Komunikasi dan Informatika Serdang Bedagai (Kominfo Sergai) mengapresiasi sekaligus memfasilitasi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan oleh para akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU), yang digelar di Ruang Data Center, Kantor Dinas Kominfo, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (3/9/2021).

Kepala Dinas Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, yang diwakili Sekretaris Dinas Kominfo Sergai M. Fadhil Isa, S.STP, menyampaikan jika kegiatan ini merupakan kegiatan penelitian Lembaga Talenta yang dilaksanakan oleh para dosen FISIP USU perihal Literasi Digital Jurnalis: Studi Kasus di Kota Medan dan Sergai.

“ Kami mengapresiasi, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui beberapa aspek penting dalam penguasaan literasi digital di kalangan jurnalis atau pekerja media khususnya di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat,” kata Sekretaris Dinas Kominfo.

Ia melanjutkan, aspek-aspek tersebut antara lain kemampuan untuk menggunakan perangkat teknologi komunikasi, literasi data dan informasi, kemampuan untuk membuat konten digital dan kemampuan komunikasi serta kolaborasi melalui perangkat digital.

“ Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana  kesadaran para jurnalis dalam aspek safety atau kemampuan melindugi perangkat digital dan privasi narasumber,” paparnya.

Pemilihan Kabupaten Sergai sebagai sampel penelitian ini didasarkan pada perkembangan media online yang cukup masif di sini.

“ Ada ratusan media massa berplatform online yang ada di Sergai. Sedangkan untuk media yang resmi tergabung dalam unit media Pemkab Sergai ada 86 media massa online. Ini jadi salah satu bukti kesadaran digital di kalangan lembaga jurnalistik dan pekerja media di Sergai sudah cukup tinggi. Selain itu trend dewasa saat ini juga sudah mengalami pergeseran dari media cetak ke media online,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan ini sekaligus pimpinan rombongan akademisi USU Drs. Hendra Harahap, MA, Ph.D, Fatma Wardi Lubis, MA, Farida Hanim, S.Sos, dan rombongan, Kepala Seksi Kehumasan, Layanan Informasi dan Komunikasi Publik Nurlenti, S.Sos, M.I.Kom dan Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Rini Rahmayani, S.I.Kom, M.Si.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *