[ 20 Juni 2022 by diskominfo 0 Comments ]

Di Rakernas APKASI XIV, Bupati Sergai Sampaikan Rekomendasi Rekerwil Sumut

Bogor,
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya didampingi Wabup H Adlin Tambunan, Sabtu (18/6/2022) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.
Demikian disampaikan Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai Drs H Akmal, AP, M.Si melalui WhatsApp langsung dari lokasi acara usai melaksanakan raker.
Akmal menyampaikan bahwa gelaran acara ini berlangsung tanggal 18-19 Juni 2022 dan dirangkaikan dengan Perayaan HUT APKASI ke-22. Turut hadir juga, lanjut Akmal, Mendagri Tito Karnavian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sekretaris Umum APKASI Adnan Purichta Ichsan, Korwil APKASI dan Bupati se-Indonesia.
Kadis Kominfo Akmal menyebut, dalam kesempatan itu Mendagri Tito Karnavian  mengapresiasi kepada jajaran APKASI yang telah concern dan memberikan kontribusi nyata pada pembangunan di masing-masing daerah, serta mengawal otonomi daerah di seluruh Indonesia.
Ia juga berpesan kepada para Kepala Daerah bahwa dalam memimpin harus mempunyai konsep, folowers dan power, terang Akmal.
Sementara itu Ketum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan bahwa akan dibahas beberapa isu-isu strategis daerah  seperti, masalah ekonomi dan politik yang sedang terjadi di Indonesia.
“Dari hasil pembahasan ini nantinya akan direkomendasikan pada pemerintah pusat,” kata Akmal.
Kadis Kominfo Sergai merinci, dalam gelaran itu akan diadakan pemilihan Puteri Otonomi Indonesia (POI), turnamen sepak bola, golf, dan kegiatan lainnya.
Masih lanjutnya, ada banyak usulan yang disampaikan oleh Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati Sergai, yang merupakan Rekomendasi Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) APKASI Sumut yang dilaksanakan pada 19 Mei lalu.
Akmal merinci, adapun hasil Rakerwil yang intens disuarakan oleh Bupati Sergai yaitu di antaranya Penerimaan P3K diserahkan kepada Pemerintah Daerah dan penggajiannya dimasukkan dalam Dana Alokasi Umum. Kemudian bagi hasil perkebunan dengan daerah dan peninjauan ulang terhadap Perpres no 33 Tahun 2020. Selanjutnya, Penerbitan izin SPBU dengan rekomendasi Pemerintah Daerah terlebih dahulu, penggunaan Dana Perimbangan, peningkatan efektivitas SIPD, kerjasama BPN dan Kemendagri terkait Pembuatan Zona Nilai Tanah, serta usulan straegis lainnya.
“Tadi dalam sesi penutupan, Pak Bupati juga menyempatkan berkomunikasi dengan Menteri Investasi Bahlil Lahadahlia terkait peningkatan Investasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Beliau menyebut, segala bentuk komunikasi strategis terus dilaksanakan guna menyukseskan pembangunan di Sergai,” ucap Akmal.
Sementara itu di kesempatan ini, Mendagri Tito Karnavian menyebut bahwa kementrian yang dipimpinnya merupakan “induk semang” bagi seluruh Kepala Daerah di Indonesia. Tito yang juga selaku Penasihat APKASI juga menegaskan bahwa kementriannya akan membuka pintu selebar-lebarnya atas seluruh sumbang saran dari para Kepala Daerah yang menjadi bawahan sekaligus mitranya.
“Segala saran dan usulan kepala daerah akan sangat kita pertimbangkan demi menjaga sinergitas erat antara pusat dan daerah. Ini akan jadi masukan penting bagi pembangunan daerah masing-masing,” imbuhnya. (Dinas Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *