• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Kominfo Sergai Gelar Monitoring Informasi ke-Seluruh OPD

diskominfo      0

Kominfo Sergai Gelar Monitoring Informasi ke-Seluruh OPD

Sei Rampah,

Sebagai corong informasi Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus berkomitmen mengoptimalkan penyebarluasan informasi terkait progres kinerja dan hasil yang sudah dicapai Pemkab Sergai lewat seluruh OPD-nya ke hadapan publik, kata Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si, saat ditemui di ruang kerjanya, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (12/3/2020).

Akmal menyebut, untuk menyatukan kesepahaman terhadap seluruh jajaran OPD, Dinas Kominfo sebagai sumber diseminasi informasi, melakukan monitoring dalam rangka penetapan agenda prioritas komunikasi pemerintah daerah. Hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) RI Nomor 8 Tahun 2019 Tentang  Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika.

Lewat sosialisasi ini, Kadis Kominfo berharap OPD lebih proaktif dalam mengkomunikasikan tentang inovasi, kinerja dan kegiatan produktif yang sudah maupun akan dilaksanakan, mengingat Pemkab Sergai lewat Dinas Kominfo telah memiliki beberapa saluran strategis distribusi informasi baik itu sosial media, website Media Center, kerja sama dengan media massa ragam platform (cetak, online dan elektronik) serta keberadaan radio resmi Pemkab, Sergai FM.

“ Akan sangat disayangkan jika kinerja baik sebuah OPD tidak diketahui oleh masyarakat karena kurang atau tidak adanya publikasi. Memang sudah jadi kewajiban Pemkab untuk bekerja melayani masyarakat dan membangun daerah, namun tentu saja lebih baik jika publik mendapatkan informasi yang cukup perihal kinerja yang sudah diperbuat oleh pemerintah. Hal ini penting salah satunya untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,” jelas Akmal.

Akmal melanjutkan, kepercayaan dibutuhankan untuk memperoleh dukungan masyarakat. Sinergitas ini tentu akan berdampak besar bagi keberlangsung dan keberlanjutan pembangunan daerah, ungkapnya.

Sementara itu Kasi Pengelolaan Informasi Publik Rini Rahmayani, S.IKom, M.Si menyebut Monitoring Informasi Pemerintah Daerah ini dijadwalkan sejak 9 Maret lalu dan rencannya akan selesai hingga 22 April 2020 mendatang.

“ Kami turun langsung ke tiap-tiap OPD untuk menyampaikan dan berkoodinasi perihal pentingnya publikasi kinerja OPD ke hadapan masyarakat. Kami juga meminta agar setiap Dinas bisa menugaskan staf untuk mengelola informasi yang berkenaan dengan kinerja OPD untuk kemudian disiarkan lewat channel resmi dinas itu sendiri dan lewat media yang dimiliki oleh Pemkab di Dinas Kominfo.”

Rini juga menyebut kedepan akan disiapkan aplikasi berbasis web yang akan memudahkan seluruh staf pengelola informasi masing-masing dinas untuk menghimpun konten dan berkoordinasi dengan Dinas Kominfo. “Aplikasi ini akan lebih menata dan mempermudah lalu lintas informasi seluruh OPD,” terangnya.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender

    Maret 2020
    S S R K J S M
    « Feb    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031