• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Dinas Kominfo Sergai komitmen Tertib Regulasi Pengadaan Barang dan Jasa

diskominfo      0

Dinas Kominfo Sergai komitmen Tertib Regulasi Pengadaan Barang dan Jasa

Medan,

Dalam rangka meningkatkan SDM Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Drs. H. Akmal, AP, M.Si, menghadiri pembekalan Manajemen Pengelolaan Proyek bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan  Pejabat Pemeriksa Administrasi Hasil Pekerjaan (PPHP) yang dilaksanakan di Hotel Alam Jl.Arief Rahman Hakim Medan. Pembekalan bagi PPK  berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 2 – 4 Maret 2020. Sedangkan pembekalam untuk PPHP selama 2 hari mulai tanggal 5 – 6 Maret 2020.

Akmal menyebut jika Dinas Kominfo Sergai punya komitmen yang kuat untuk tetap mempedomani tertib administrasi pengadaan barang dan jasa. “ Sesuai dengan arahan Pak Wabup Darma Wijaya, ketidakpahaman aturan pengelolaan proyek bisa melibatkan kita pada permasalahan hukum. Pembekalan ini penting manfaatnya agar proses kerja PPK benar-benar sesuai dengan regulasi yang berlaku,” ungkap Akmal.

Kadis KOminfo menambahkan bahwa PPK bisa menjadikan Perpres No 16/2018 sebagai pedoman dalam pengelolaan proyek sehingga terhindar dari permasalahan hukum. “ hal ini  seperti yang disebutkan oleh Wabup, tak ada lagi alasan bagi ASN untuk takut mendapat tanggungjawab sebagai pejabat PPK,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Akmal, Instruksi Presiden No. 1 tahun 2015 berimbas pada makin cepatnya pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah. “Pengadaan barang dan jasa paling lambat harus sudah terlaksana pada akhir bulan Maret tahun berjalan. Proses Pengadaan barang dan jasa harus sudah masuk tahapan tender paling lama pada akhir bulan Maret, sehingga pekerjaan proyek dapat segera dilaksanakan mulai bulan April dan tentu ini akan berdampak langsung di mana hasil pembangunan dapat lebih cepat dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Kadis Kominfo juga menyatakan jika OPD yang ada di bawah kepemimpinannya akan bekerja secara terstruktur dan transparan. “ Dalam pernyataannya, Pak Wabup meminta personil masing-masing OPD harus meningkatkan kemampuan di bidang IT, salah satunya penguasaan aplikasi e-procurement. Sebagai Dinas yang merupakan lini utama penyelenggara pemerintahan berbasis teknologi atau e-Government, tentu saja instruksi ini akan segera diimplementasikan di Dinas Kominfo.

Acara pembekalan ini menghadirkan Edi Usman, dosen jurusan Teknik Sipil pada Politeknik Negeri Medan (POLMED) sebagai narasumber. Sedangkam Kadis Kominfo hadir mengikuti pembekalan ini bersama Kasubbag Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan Sekretariat Dinas Kominfo Kab Sergai Bob Sofnel Hayadi, SE dan pada pembekalan bagi PPHP akan diikuti oleh personil Dinas Kominfo Sudiyono, S.Kom, yang juga menjabat sebagai Kabid E-Government. 

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender

    Maret 2020
    S S R K J S M
    « Feb    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031