• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Ingin Terapkan SISUMAKER, Pemkab Aceh Tenggara Belajar ke- Pemkab Sergai  

diskominfo      0

Ingin Terapkan SISUMAKER, Pemkab Aceh Tenggara Belajar ke- Pemkab Sergai  

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menerapkan sistem surat-menyurat berbasis aplikasi yang dinamai Sistem Surat Masuk dan Keluar (SISUMAKER). Aplikasi ini  merupakan aplikasi yang diadopsi oleh Dinas Kominfo dari Pemerintah Kota Tanggerang Selatan (Pemko Tangsel) lewat perjanjian kerjasama yang dijalin 2017 lalu.

Efisiensi dan efektivitas penerapan aplikasi SISUMAKER ternyata menarik minat Pemkab Aceh Tenggara yang hari ini mengutus dua perwakilan, yaitu Kasubag Tata Usaha Dessi Novita dan Staff Sekretaris Dewan Aceh Tenggara Sabilla Firdausiah, S.STP untuk mempelajari  penggunaan SISUMAKER  yang diimplementasikan Pemkab Sergai

“ Kedatangan kami ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan kerja Anggota DPRD Kabupaten Aceh Tenggara pada tanggal 13 Februari lalu. Kami percaya jika penerapan SISUMAKER dalam proses kerja di Pemkab Aceh Tenggara akan sangat berdampak positif, terutama dalam segi durasi waktu, yang jelas akan terpangkas. Proses birokrasi yang terhalang lokasi dan waktu bisa diatasi dengan penggunaan surat menyurat berbasis online yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja,” terang Dessi Novita.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, melalui Sekretaris Dinas Mhd. Fadhil Isa, S.STP yang didampingi Kabid PIKP Kamaluddin Saragih, S.Pd.I, M.Si dan Kabid Penyelenggaraan E-Government Sudiyono,S.Kom, menyebut jika SISUMAKER memang sudah terbukti fungsinya dalam mempersingkat alur birokrasi sejak diadaptasi tahun 2017.

Fadhil Isa juga menyebut Pemkab Sergai lewat Dinas Kominfo bidang E-Government siap membantu pihak Pemkab Aceh Tenggara dalam implementasi SISUMAKER. “ Namun dikarenakan aplikasi ini merupakan adaptasi dari sistem milik Pemko Tangsel, maka sesuai perjanjian, pihak yang ingin menggunakan aplikasi ini harus meminta izin tertulis lebih dahulu ke mereka (Pemko Tangsel). Nantinya setelah izin replikasi diberikan, Pemkab Sergai siap berbagi ilmu perihal operasional pemakaiannya,” jelas Sekretaris Kominfo Fadhil Isa.

Sementara itu Kabid Penyelenggaraan E-Government Sudiyono,S.Kom menyampaikan selain SISUMAKER, Dinas Kominfo juga sudah memiliki ragam aplikasi yang telah diterapkan dalam pengelolaan birokrasi berbasis elektronik di Tanah Bertuah Negeri Beradat. “Ada 46 aplikasi yang sudah di-launching dan dipakai oleh Pemkab Sergai.

Sebelumnya Kabupaten Aceh Tamiang juga sudah berkunjung dan menjalin kerjasama dengan Pemkab Sergai untuk technical support implementasi aplikasi E-Kinerja tahun lalu. Jika Aceh Tenggara tertarik mengadaptasi aplikasi lain milik E-Governement Sergai, kami siap membantu dan membimbing. Akan sangat bernilai jika kerja sama yang terjalin bertujuan untuk saling memajukan daerah,” kata Sudiyono mengakhiri.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender