• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Studi Tiru Ke Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Di Mataram

diskominfo      0

Studi Tiru Ke Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Di Mataram

Mataram,

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan ibu kotanya Mataram dikenal sebagai kota dengan seribu Masjid. Pengelolaan masjidnya yang sudah masuk dalam kategori baik sehingga layak untuk ditiru dan dijadikan referensi bagi Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan Mesjid Agung.

Demikian disampaikan Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs. H. Akmal, AP, M Si sesaat setelah selesai melakukan kunjungan di Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Kota Mataram Provinsi NTB, Rabu (12/12).

Turut serta bersama rombongan itu, Bupati Sergai Ir H Soekirman yang diwakili Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Sosial (Ekbangsos) Ir Kaharuddin M.Si, Kadis PUPR, Johan Sinaga SE M.AP, Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan, Syafrial Budi SP MP.

Kadis Akmal mengatakan, studi tiru ini dilakukan dalam rangka mempelajari tata bangunan, desain interior, landscape hingga pengelolaan menajemen masjid yang diterapkan pada di Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center.

Kedatangan rombongan diterima oleh Takmir Masjid, Sulman Riyadi selaku Kepala Sekretariat Takmir Masjid. Ia menyampaikan bahwa masjid ini dikelola oleh 2 instansi yaitu, UPT dibawah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Pemprov NTB sebagai pelaksana teknis dan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) NTB yang membentuk Sekretariat Pengurus Takmir Mesjid dari masyarakat setempat.

“UPT memiliki kewenangan pada bidang fisik bangunan, seperti rehabilitasi bangunan masjid, kebersihan, pemeliharaan dan termasuk urusan pembayaran listrik. Sedangkan Sekretariat Takmir Mesjid bertugas mengelola infaq dan shodaqoh yang berasal dari masjid untuk dipergunakan bagi keperluan kemakmuran masjid,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Sulman, di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center banyak di selenggarakan kegiatan agama, seperti pengajian rutin ba’da maghrib dan ba’da subuh, ada juga Tahsin dan program Tahfiz Al-Quran utuk anak-anak, remaja maupun dewasa.

“Bulan Ramadhan tahun depan, kami juga akan melakukan pembinaan Qori dan Qoriah. Dan saat bulan Ramadhan juga akan diadakan sholat tarawih berjamaah dengan Imam yang didatangkan dari dari Timur Tengah,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin juga menyampaikan, hasil studi tiru ini dapat diterapkan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Masjid Agung Sergai saat ini dalam tahap pertama diharapkan dapat selesai pembangunannya pada tahun 2019 dan dilanjutkan ke tahap dua hingga tahun 2020.

“Sekiranya studi tiru yang dilakukan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan guna mendukung terwujudnya pengelolaan Masjid Agung Kabupaten Sergai yang profesional dan bermanfaat bagi masyarakat”, tutup Asisten Ekbangsos.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender

    Desember 2019
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031