• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Dinas Kominfo Ajak Generasi Millennial Perangi Hoaks dan Bijak Bermedia Sosial

diskominfo      0

Dinas Kominfo Ajak Generasi Millennial Perangi Hoaks dan Bijak Bermedia Sosial

Sei Bamban,

Generasi Millennial adalah generasi yang hidup pada zaman digital dimana segala aktifitasnya setiap hari berinteraksi dan dikendalikan oleh teknologi. Dan penggunaan media sosial secara bijak dapat memberikan pengaruh positif, tapi pemanfaatan yang salah juga akan memberikan pengaruh negatif.

Hal tersebut disampaikan narasumber dari Tenaga Ahli Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Firman Setyono, saat memberikan pemahaman tentang pemanfaatan teknologi digital pada puluhan pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mengikuti kegiatan Jambore Ranting II Gerakan Pramuka, berlokasi di SD Negeri 106215 Sei Rampah, Kecamatan Sei Bamban, Jumat (28/11).

“Belakangan ini, dampak globalisasi dan kemajuan teknologi banyak menampilkan sisi negatif, terutama bagi kalangan pelajar dan generasi penerus bangsa, “pungkas Firman.

Oleh karena itu, pemanfaatan serta penggunaan media sosial secara positif akan memberikan dampak pengaruh yang baik untuk diri sendiri dan masyarakat luas, terutama misi yang diemban oleh anggota pramuka yaitu harus mampu menjadi salah satu agen yang meminimalisir penyebaran hoax di tengah masyarakat.

“Anggota pramuka harus memahami penggunaan internet yang positif, kreatif, dan produktif serta dapat menghindari dan memerangi isu-isu hoaks yang dapat merusak diri, mental hingga masa depan generasi muda,” ujarnya.

Selanjutnya, Pelaksana Dinas Kominfo, Afri Heri Nando Saragih, S.Kom yang bertindak sebagai narasumber juga menyampaikan, pramuka harus mengikuti perkembangan zaman dan dituntut agar up to date dalam memperoleh informasi.

“Manfaatkanlah teknologi digital menjadi suatu hal yang dapat memberikan input positif dan membangun bagi diri sendiri dan jika bisa bagi orang lain,” ungkapnya.

Dikatakannya, pelajar era digital saat ini harus haus akan informasi yang tidak hanya bisa mendatangkan nilai positif pada dirinya, tetapi juga memberikan dampak baik ke masyarakat.

“Jangan kita menjadi rusak karena isu hoaks. Dan sudah bukan zamannya lagi sebab teknologi digital yang terlalu cepat berkembang, sehingga kita tertinggal dan menjadi generasi yang terlambat dan terbelakang,” katanya.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender