• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Rapat Pembahasan Hasil Integrasi e-Planning dan e-Budgeting

diskominfo      0

Rapat Pembahasan Hasil Integrasi e-Planning dan e-Budgeting

Sei Rampah,

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar rapat internal bersama Dinas BKPA, Bappeda dan tim tenaga ahli programmer, guna membahas integrasi e-planning dan e-budgeting yang akan mulai diterapkan tahun 2020, di ruang Data Center Kantor Dinas Kominfo di Sei Rampah, Selasa (12/11).

Hadir pada kesempatan tersebut, Kadis Kominfo, Drs H Akmal, M.Si, Kepala Bappeda, Hj Prihatina, Kepala BPKA, Rusmiani Purba, Kabid Penyelenggaraan e-Government Dinas Kominfo, Sudiyono, S.Kom, Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda, Budi Damanik, Kasi dan programmer OPD terkait Integrasi e-Planning dan e-Budgeting.

Disampaikan Kabid Penyelenggaraan e-Government, Sudiyono, S.Kom, kami bersama tim tenaga ahli programmer selama beberapa minggu sebelumnya telah berhasil mengintegrasikan e-Planning dan e-Budgeting.

“Jadi, antara aplikasi Siperekat dengan Simda sudah bisa terintegrasi searah. Dan tentunya, dengan sudah terintegrasinya kedua aplikasi ini, seharusnya tahun depan proses perencanaan dan penganggaran di Kabupaten Sergai sudah bisa diterapkan dengan sistem ini,” pungkasnya.

Kepala BPKA, Rusmiani Purba turut memberikan tanggapan dan masukannya, menurut Rusmiani,  seharusnya dengan telah terintegrasinya e-Planning dan e-Budgeting ini, rencana pembangunan daerah di RPJMD mulai proses perencanaan, baik itu lima tahunan maupun dari teknis anggaran akan bisa dievaluasi secara keseluruhan.

“Tujuan utama dari terintegrasinya e-Planning dan e-Budgeting, antara Renstra di perangkat daerah dan juga nanti RKPD harus terintegrasi dengan Renja di masing-masing OPD, “ujarnya.

Sebelumnya, Kadis Kominfo, Akmal mengatakan, bahwa penerapan e-planning dan e-budgeting adalah bagian dari beberapa aplikasi yang direkomendasikan oleh KPK dalam tahapan rencana aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi. Dengan diterapkannya sistem perencanaan dan sistem penganggaran berbasis eletronik ini, maka dituntut kepada semua pemangku kepentingan (stakeholder / OPD) untuk merencanakan secara teliti, agar program dan kegiatan di masing-masing OPD sesuai skala prioritas dengan merujuk pada Visi dan Misi Kabupaten.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender