• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Penyuluhan Hukum Siber Nasional : Bijak Menekan Tombol Di Internet

diskominfo      0

Penyuluhan Hukum Siber Nasional : Bijak Menekan Tombol Di Internet

Medan,

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemko Medan menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Hukum Siber Nasional bertema “Bijak Menekan Tombol di Internet” yang bertempat di Hotel Madani, Medan, Rabu (2/10).

Acara yang dihadiri perwakilan dari Dinas Kominfo kabupaten/kota se- Sumut, turut juga hadir Kepala Bagian Hukum dan kerjasama Sekretariat Utama BSSN, Ferry Indrawan SH, juga Kepala Divisi Hukum dan HAM Provsu, Agustinus Pardede, Kabid Aplikasi dan Informatika Dinas Kominfo Kota Medan, Laksamana Eka Putra serta utusan mahasiswa dari beberapa Universitas di Sumut.

Dinas Kominfo Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengutus salah satu pejabat pengawas, Kasi Infrastruktur dan Teknologi, Lia Anggiani, S.Sos untuk turut menghadiri kegiatan tersebut. Karena kegiatan ini dianggap memiliki mampu memberikan pengetahuan hukum dan pemahaman hukum kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan kesadaran hukum, berupa kepatuhan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.

Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Sekretariat Utama BSSN, Ferry Indrawan, SH selaku narasumber menyampaikan, hendaknya masyarakat berhati-hati dalam mengunggah konten di media sosial. Bila tidak, dikhawatirkan bisa terjerat kasus hukum.

“Masyarakat seyogyanya tidak mudah dalam menyebarkan hal-hal yang tidak dipahami atau informasi yang belum diketahui kebenarannya. Dan masyarakat hendaknya paham dalam pemanfaatan internet ada hak dan tanggung jawab,” jelas Ferry.

Ferry juga meminta agar masyarakat berhati-hati dalam mengunggah sesuatu di media sosial. “Jangan sampai orang lain tersinggung. Dan jangan merugikan orang lain,” pungkasnya.

Selanjutnya, Kepala Divisi Hukum dan HAM Provsu, Agustinus Pardede dalam paparanya menyampaikan, banyaknya kasus yang terjadi di masyarakat yang berkaitan dengan computer related crime. Penyuluhan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk memilih dan memilah serta paham atas konsekuensi yang mungkin timbul sebelum bertingkah laku atau bertindak di dunia siber.

“Perlindungan hukum bagi masyarakat Indonesia berkaitan dengan pemanfaatan internet terdapat dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elekronik (UU ITE). Dan saat ini, kami juga telah memiliki layanan pengaduan insiden siber yang dapat dimanfaatkan masyarakat luas,” ungkap Agustinus.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender

    Oktober 2019
    S S R K J S M
    « Sep    
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031