• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Lensa Sergai : Dinas Pertanian Membudidayakan Pertanian Organik

diskominfo      0

Lensa Sergai : Dinas Pertanian Membudidayakan Pertanian Organik

Sei Rampah,

Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) hari ini menjadi narasumber pada talk show Lensa Sergai. Dengan tema yang akan disampaikan adalah “ Membudidayakan Pertanian Organik di Kabupaten Sergai”, bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (19/9).

Demikian disampaikan penyiar talk show Lensa Sergai, Budi, saat mengawali perbincangan dengan narasumber dari Dinas Pertanian, Ibu Meiliana Veronica Ginting dan beberapa anggota Perhiptani Kabupaten Sergai yang hadir di Studio Radio Sergai FM.

Mengawali talk show, Meiliana menyampaikan hasil dari pertanian organic di Kabupaten Sergai yang sedang giat-giatnya dipromosikan saat ini hingga ke mancanegara adalah “Beras Organik”. Kabupaten Sergai dikenal menghasilkan beras organik kualitas unggul yaitu Sri Wangi dengan varietas beras putih, hitam, dan merah.

“Kabupaten Sergai juga merupakan salah satu wilayah di Sumatra Utara yang memiliki lahan persawahan luas, dinilai berhasil mendukung swasembada pangan nasional dan menjadi salah satu lumbung beras di Provinsi Sumut,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Meiliana, Bupati Sergai Ir H Soekirman juga telah mempunyai komitmen dalam mengembangkan pertanian organik dan sangat aktif untuk mempromosikan komoditas tersebut.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Sergai juga menjadi salah satu anggota Asia Local Government For Organic Agriculture (ALGOA) yang berpusat di Korea Selatan. Tujuan keanggotaannya untuk menyuarakan petani negara berkembang agar dapat membangun gerakan pertanian yang sejajar dengan petani organik yang sudah lebih maju, seperti di India dan Jepang.

“Tentunya kami dari Dinas Pertanian yang memegang mandat dari Bupati Sergai berharap, agar para petani di Sergai untuk lebih banyak lagi bertani organik. Tidak hanya padi, sayuran dan buah-buahan juga dapat diterapkan,” pungkasnya.

“Saat ini jumlah lahan tanaman organik terus bertambah. Dan jangan lupa, jika pertanian ingin maju maka harus ditingkatkan mutu dan kualitasnya. Mulai dari sistem tanaman, tata air, kelembagaan, kemasan hingga pemasaran, ujar Meiliana.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender