• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Dinas Kominfo Hadiri Rapat Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan

diskominfo      0

Dinas Kominfo Hadiri Rapat Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan

Pantai Cermin,

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang diwakili Kasi Layanan e-Government Rini Aswani, ST turut menghadiri Rapat Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan yang diselenggarakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sergai di Meeting Room Theme Park Resort Kecamatan Pantai Cermin, Senin (16/9).

Rapat dihadiri oleh Kadis Dukcapil Fitriadi, S.Sos, M.Si, Kabid Pemanfataan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Sergai Hj Rosmaida Saragih, Kabid Pemanfaatan data Disdukcapil Provinsi Sumut Ema Imleda, S, SH, MSP selaku narasumber beserta perwakilan OPD, Kecamatan dan Kepala Puskesmas di Kabupaten Sergai.

Dalam sambutannya, Kadis Dukcapil Fitriadi, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa 3 (tiga) hal penting terkait pemanfataan data dan dokumen kependudukan. Pertama, Dinas Dukcapil terus melakukan penguatan pemahaman pemanfaatan data kepada OPD di Pemkab Sergai. Kedua, menjalin kerjasasama dengan lembaga pengguna terkait  pemanfataan data dan dokumen kependudukan. Dan ketiga, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai guna kelancaran tupoksi dalam pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.

“JIka ke tiga hal tersebut dapat berjalan secara sinergi, maka pemanfaatan data di Kabupaten Sergai dapat berjalan optimal,” pungkas Fitriadi.

Selain itu, disampaikan Fitriadi, Pemerintah melalui Mendagri telah mengeluarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA). “KIA adalah identitas resmi anak yaitu untuk anak yang berusi 5 sampai 17 tahun dan belum menikah,” katanya.

KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak konstitusi warga negara, ujarnya. “Selain itu, KIA dapat diberlakukan sebagai “Kartu Diskon” jika Pemkab Sergai bekerjasama dengan tempat bermain, taman bacaan, tokoh buku, rumah makan atau usaha ekonomi lain,” imbuhnya.

Kabid Pemanfaatan data Disdukcapil Provinsi Sumut Ema Imleda, S, SH, MSP selaku narasumber mengatakan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang Lingkup dan Tata Cara Pemberian Hak Akses serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik, maka untuk dapat memiliki hak akses pemanfataan data dan dokumen kependudukan diperlukan izin dari Bupati dan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara lembaga pengguna dengan Dinas Dukcapil.

Dalam kesempatan tersebut, turut dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Dukcapil Kabupaten Sergai dengan PT Kawasan Wisata Pantai Cermin. Bentuk kerjasama tersebut berupa pemberian diskon harga tiket masuk sebesar 15%, diskon hotel sampai dengan 40% pada weekday dan 30% weekend dan beberapa fasilitas lainnya bagi anak yang memiliki KIA.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender