• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Rakor Persandian dan Keamanan Informasi Daerah se- Sumut

diskominfo      0

Rakor Persandian dan Keamanan Informasi Daerah se- Sumut

Medan,

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang diwakili Kasi Infrastruktur dan Teknologi, Lia Anggiani, S.Sos menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Persandian dan Keamanan Informasi Daerah Kegiatan Pengumpulan Data dan Penyelarasan Persandian Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Sumatera Utara (Sumut) di Hotel Madani Medan, Kamis (5/9).

Rakor yang digelar oleh Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara (Provsu) turut dihadiri  para Kepala OPD Prov. Sumut, para Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/ Kota se- Sumut dan para Pejabat terkait yang mengelola persandian dan keamanan pemerintah provinsi, kabupaten/kota di masing-masing daerah.

Acara yang dibuka Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara H.M.Ayub, SE, menyampaikan bahwa tujuan dari rakor adalah untuk membahas tentang insiden keamanan informasi, penilaian indeks keamanan informasi dan pemanfaatan sertifikat elektronik/tanda tangan digital dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.

“Penerapan persandian  diatur sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dalam  Memberikan Perlindungan dan Jaminan Persandian dan Keamanan Informasi,” jelasnya.

Menurutnya, persandian di era gital ini sangat membantu memberikan keamanan di lingkungan pemerintah  dalam mendukung penyelenggaraan e- Government atau penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik sesuai peraturan perundangan.

Pemerintah melalui Permen Kominfo Nomor 26 Tahun 2007 telah menunjuk Indonesia Security Incident Response Team On Internet And Infrastructure/Coordination Center (ID-SIRTII/CC) untuk melakukan pengawasan keamanan jaringan telekomunikasi terhadap ancaman dari dalam maupun luar negeri.

“Kami berharap, kehadiran Id-SIRTII secara terus menerus memberikan peringatan dini dan melakukan penegakan hukun terhadap kejahatan yang memanfaatakan teknologi informasi, “ pungkasnya.

M Ayub juga berharap, rakor ini akan menciptakan sinergitas diantara dinas yang membidangi urusan persandian dalam membangun jejaring komunikasi yang aman untuk pengamanan informasi milik pemerintah daerah.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender