• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Lensa Sergai bersama Dinas Ketapang : Waspada Virus Parvo Pada Hewan Peliharaan

diskominfo      0

Lensa Sergai bersama Dinas Ketapang : Waspada Virus Parvo Pada Hewan Peliharaan

Sei Rampah,

Virus parvo adalah penyakit yang kerap menyerang hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Penyakit menular yang muncul saat pancaroba ini merusak bagian pencernaan dan dapat mengancam keselamatan hewan peliharaan.

Demikian disampaikan narasumber pada talk show Lensa Sergai dari Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), drh. Rina Mahfuzah Hasibuan, bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (13/8).

Dikatakan drh. Rina, bahwa hewan peliharaan yang terkena penyakit ini memiliki ciri-ciri lesu, kurang nafsu makan serta bau feses atau kotorannya sangat pekat muntah-muntah dan berak darah.

“Kalau tidak cepat ditanggulangi penyakit ini bisa mengancam keselamatan hewan peliharaan dan berisiko kematian,” ungkapnya.

Menurut drh. Rina, hewan peliharaan gampang tertular penyakit ini saat pancaroba. Pergantian musim sering kali menyebabkan hewan mengalami kelemahan imun sehingga penyakit mudah menyebar.

“Pancaroba mengakibatkan ketahanan tubuh hewan berkurang sehingga hewan lain gampang tertular,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi penularan penyakit ini, dirinya menghimbau agar pemilik hewan peliharan melakukan pencegahan seperti cara membersihkan kandang hewan dengan penyemprotan disenfektan, menyuntikkan vaksin untuk kekebalan hewan dan menjaga asupan makanan hewan.

“Kalau sudah terinfeksi, harus segera dibawa ke dokter agar bisa diberi tindakan pengobatan,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai contoh untuk memelihara hewan seperti anjing tidak lah susah, salah satunya dengan menjaga kebersihan makanan, dan kebersihan kandang.

Selain memperhatikan dari kebersihan makan dan kebersihan kandang, perlu juga  menjaga kesehatan hewan peliharaan dengan memberikan suplemen vitamin yang cukup dan vaksinasi yang teratur, imbuhnya.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender