• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Lensa Sergai Bersama Kemenag : Mahar Pernikahan Yang Paling Baik Dalam Islam

diskominfo      0

Lensa Sergai Bersama Kemenag : Mahar Pernikahan Yang Paling Baik Dalam Islam

Sei Rampah,

Talkshow “Lensa Sergai” edisi Senin (22/7) kembali mengundang Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Bertindak sebagai narasumber adalah Ustadzah Sri, bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah.

Ustadzah Sri menyampaikan tema talkshow hari ini yaitu “Mahar yang paling baik dalam Islam”. Mahar ini memiliki makna yang cukup dalam, hikmah di disyariatkannya mahar ini menjadi pertanda tersendiri bahwa seorang wanita memang harus dihormati dan dimuliakan.

“Mahar Pernikahan atau biasa disebut mas kawin adalah sejumlah harta yang diberikan oleh mempelai laki-laki (atau keluarganya) kepada mempelai perempuan (atau keluarga dari mempelai perempuan) ketika pernikahan”, ungkap Ustadzah Sri.

Dalam Al Quran Surat Annisa ayat 4. “Berikanlah mahar (mas kawin) pada wanita yang kamu nikahi sebagai sebuah pemberian dengan penuh kerelaan.”

Dikatakan ustadzah Sri, mahar merupakan pemberian dari mempelai pria kepada seorang wanita yang dinikahinya, yang nantinya mahar tersebut akan menjadi hak milik istrinya secara penuh.

Perlu di ketahui bahwa mahar hanyalah sebuah media, bukan sebuah tujuan utama. Tujuan menikah dalam Islam bukanlah sarana untuk mencari mahar yang mahal ataupun mahar yang besar. Dan tidak diidentikan dengan uang, emas ataupun barang lain yang bersifat duniawi, ujar Ustadzah Sri.

Dan perlu untuk diingat juga, bahwa seorang wanita yang baik itu tidak akan memberatkan/menyusahkan calon suaminya dalam urusan mahar. Sebagaimana Rasulullah SAW pernah mengatakan. “Sebaik-baik wanita ialah yang paling murah maharnya.” (HR. Ahmad, ibnu Hibban, Hakim & Baihaqi).

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender