• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Belum Genap Sebulan Dilantik, Kadis Kominfo Sergai Gelar Diskusi Dengan Unsur Wartawan

diskominfo      0

Belum Genap Sebulan Dilantik, Kadis Kominfo Sergai Gelar Diskusi Dengan Unsur Wartawan

Sei Rampah, Untuk meningkatkan sinergitas dan kemitraan dengan wartawan yang bertugas di Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal, M.Si didampingi Sekretaris Dra Hj Syahriati Lubis dan Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) H Zainal Abidin, S.Pd menggelar diskusi untuk menampung saran dan pendapat dengan wartawan di ruang kerjanya Kantor Dinas Kominfo Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (21/6/2019).

Adapun wartawan yang hadir mewakili organisasinya seperti Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sergai Anwar Efendi Siregar, Ketua Koordinator Wartawan Unit Pemkab Sergai Darmawan, ST, Wakil Ketua Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) wilayah Deli Serdang-Sergai-Tebing Tinggi  Fujianto,  Ketua Komite Wartawan Reformasi Indonbesia (KWRI) Sergai Ronald Hutabarat, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sergai Zuhari dan perwakila dari Aliansi Jurnalis Independen Jhoni Sitompul.

Dalam bincang-bincangnya, Kadis Kominfo H Akmal beserta rekan wartawan membahas beberapa hal dan mengevaluasi program dan kegiatan yang sudah berjalan di tahun 2019 ini.  Selain itu juga menyampaikan terkait dengan program dan kegiatan kemitraan media yang ada di Dinas Kominfo.

“ Secara tupoksi yang menangani kemitraan media (jembatan komunikasi) antara pimpinan dengan media adalah Dinas Kominfo, oleh karenanya kami berharap masukan dari rekan-rekan semua,” harapnya.

Meski baru menjabat sebagai Kadis Kominfo setelah dilantik pada 28 Mei 2019 lalu, dan terhitung aktif mulai 10 Juni namun Akmal akan bekerja dengan maksimal di Kominfo khususnya tentang program kerja yang berhubungan dengan media.

Saat berdiskusi, Ketua IWO Sergai Zuhari menyampaikan sarannya bahwa sebagai mitra dalam penyebarluasan informasi, kami sangat berterimakasih kepada Pemkab Sergai karena telah menggelontorkan anggaran untuk program dan kegiatan bagi para wartawan. Selain itu juga Zuhari berharap agar seluruh kegiatan yang ditujukan untuk wartawan bertujuan untuk meningkatan kompetensi bagi para jurnalis itu sendiri, ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua IJTI Fujianto memberikan masukkan agar tidak hanya kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi media cetak dan online saja yang dilaksanakan, akan tetapi perlu juga dibuat UKW khusus untuk wartawan TV. Hal ini mengingat ada beberapa wartawan TV di Sergai.

Senada dengan Fujianto dan Zuhari, Ketua PWI Sergai Anwar Efendi Siregar berpendapat untuk melakukan pembentukan Pokok Kerja (Pokja) bagi wartawan yang bernaung di Pemkab Sergai. Hal ini tentu dapat meningkatkan kualitas publikasi yang akan disajikan kepada khalayak nantinya, ujarnya.

Sama halnya juga dengan Darmawan yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Wartawan Unit Pemkab Sergai berharap program dan kegiatan yang sudah tercantum di Dinas Kominfo agar terus ditingkatkan dan direalisasikan sehingga para wartawan lebih berkembang dan mempunyai wawasan yang luas.

Sedangkan Ketua KWRI Sergai Ronald Hutabarat menyarankan terkait dengan program dan kegiatan Dinas Kominfo, terdapat beberapa kegiatan yang belum terlaksana pada tahun lalu. hal ini hendaknya dapat dilaksanakan sehingga apa yang kita kerjakan dan inginkan dapat tercapai sesuai harapan.

Dan yang terkahir, dari AJI Jhoni Sitompul yang sepakat dengan saran dari Ketua PWI Sergai agar dalam pelaksanakan kegiatan kewartawanan hendaknya membentuk Pokja seperti daerah lain.

“ Kami melihat keberhasilan daerah lain dalam menerapkan Pokja pada kegiatan kewartawanan dan hasilnya seluruh kegiatan penyebarluasan informasi lebih terkoordinir, berjalan dengan sukses dan tepat sasaran,” saran Jhoni.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Kominfo H Akmal mengapresiasi peran wartawan di Pemkab Sergai baik media cetak, online dan elektronik atas peran selama ini telah menyebarluaskan informasi kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Selain itu juga, wartawan sebagai fungsi kontrol sangat dibutuhkan dalam membangun daerah. Oleh karenanya, kedepannya jalinan kemitraan antara media dengan Pemkab Sergai harus terus ditingkatkan.

“ Terimakasih atas sumbang saran dari rekan-rekan wartawan, kami akan masukkan dalam agenda program dan kegiatan Dinas kominfo ditahun mendatang. Selagi tidak melanggar peraturan yang belaku maka kedepannya kita akan upayakan program dan kegiatan yang terbaik sehingga kemitraan ini terus berlanjut, “ pungkas Kadis Kominfo.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender