• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Live Talk show bersama Kemenag Sergai : Ramadhan Bulan Al Quran

diskominfo      0

Live Talk show bersama Kemenag Sergai : Ramadhan Bulan Al Quran

Sei Rampah,

Bulan Ramadhan adalah bulan khusus untuk Al Qur’an karena Al Qur’an turun pada bulan Ramadhan. Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran (QS. Al Baqarah: 185).

Demikian disampaikan narasumber dari Kementarian Agama (Kemenag) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), ustadz Sarwedi Gultom pada Talk show Lensa Sergai, Senin (27/5) bertempat di  studio Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah.

Tema talk show hari ini adalah Bulan Ramadhan adalah Bulan Al Quran. Dalam hadits Ibnu ‘Abbas yang disebutkan, terdapat pelajaran bahwa bulan Ramadhan adalah bulan perhatian penuh pada Al Qur’an. Sehingga seharusnya sebagian besar waktu kita dicurahkan pada perenungan Al Qur’an”, ungkap ustadz Gultom.

Dijelaskan Ustadz Gultom bahwa, Dalam hadits Ibnu ‘Abbas yang disebutkan sebelumnya, terdapat pelajaran bahwa bulan Ramadhan adalah bulan perhatian penuh pada Al Qur’an. Sehingga seharusnya sebagian besar waktu kita dicurahkan pada perenungan Al Qur’an.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar memberi. Semangat beliau dalam memberi lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al Qur’an kala itu. Dan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup (HR. Bukhari dan Muslim)”, jelas ustadz Gultom.

Lebih lanjut diterangkan Ustadz Gultom perihal hadist tersebut, yaitu Hadits di atas menunjukkan bahwa dianjurkan bagi kaum muslimin untuk banyak mengkaji Al Qur’an pada bulan Ramadhan dan berkumpul untuk mempelajarinya. Hafalan Al Qur’an pun bisa disetorkan pada orang yang lebih hafal darinya.

“Di antara alasan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan Al Quran yaitu dibuktikan dengan bacaan ayat Al Qur’an yang begitu banyak dibaca di shalat malam bulan Ramadhan dibanding bulan lainnya”, paparnya.

“Semoga kita dimudahkan untuk mengisi hari-hari kita di bulan Ramadhan dengan Al Qur’an dan rajin mentadabburi (merenungkannya)”, ungkap ustadz Gultom.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender