• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Lensa Sergai bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip : Revitalisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

diskominfo      0

Lensa Sergai bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip : Revitalisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Sei Rampah,

Edisi “Lensa Sergai” Rabu (10/4) mengundang Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sebagai narasumber. Dihadiri oleh Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Harlinawati dan Kasi Pembinaan dan Pengembangan Perpusakaan, Dewi Sulistriani, bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah.

“Tema talk show yang akan kami sampaikan hari ini adalah “Revitalisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial”, papar Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispursip Sergai, Harlinawati mengawali talk show.

Harlinawati mengatakan, Kabupaten Sergai pada tahun 2018 adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang menerima manfaat program revitalisasi pengembangan perpustakaan umum nasional RI melalui transformasi pelayanan Perpustakaan berbaisi inklusi sosial,” ujarnya.

“Hal ini dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI, dimana perpustakaan bukan hanya berpedoman dengan buku tapi harus ada inovasi yang berperan untuk kreativitas masyarakat,” ucap Harlinawati.Ditambahkan Kasi Pembinaan dan Pengembangan Perpusakaan, Dewi Sulistriani,

Dispursip Sergai saat ini telah melaksanakan program revitalisasi pengembangan perpustakaan umum melalui transformasi pelayanan perpustakaan berbasis inklusi dengan kegiatan Kusrus komputer kepada Guru TK se-Kec Perbaungan, pelaksanaan pelatihan membatik, mengadakan kegiatan perlombaan melukis bagi anak-anak SD se-Kec Perbaungan, dan mengadakan kegiatan nonton bareng dan mendongeng yang datang ke perpustakaan secara berkelompok.

“Di perpustakaan daerah yang beralamat di Kecamatan Perbaungan, kami menyediakan  berbagai koleksi bacaan yang dibutuhkan banyak orang dari berbagai lapisan tanpa membedakan apapun latar belakangnya, “ ujar Dewi.

Dikatakan Dewi, sesuai dengan amanat Bupati Sergai H Soekirman, budaya baca seharusnya ditanamkan sejak usia dini di lingkungan keluarga sebagai upaya untuk menjadikan keluarga sebagai tempat pembelajaran dengan melibatkan publik peran serta warga, sekolah, guru, peserta didik, orang tua, akademisi, dunia usaha dan pemangku kepentingan untuk menumbuh kembangkan budaya Literasi di mulai dari tingkat sekolah menjadi Gerakan Literasi.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender