• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Live Talk show bersama Kemenag Sergai : 6 Keutamaan Bulan Syakban

diskominfo      0

Live Talk show bersama Kemenag Sergai : 6 Keutamaan Bulan Syakban

Sei Rampah,

Talk show Lensa Sergai, Senin (8/4) mengundang Kementarian Agama (Kemenag) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dengan narasumber Ustadz Sarwedi Gultom. Dan tema talk show adalah “6 Keutamaan Bulan Syakban”.

“Tak terasa kita sudah memasuki bulan Syakban yakni salah satu bulan yang penting dalam kehidupan orang Muslim,” kata ustadz Gultom mengawali talk show yang bertempat di  studio Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah.

Bulan Syakban merupakan bulan yang mulia dan juga bulan ini adalah pintu menuju bulan Ramadhan. Dan siapa yang membiasakan diri bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan ini, ia akan akan menuai kesuksesan di bulan Ramadhan, ujarnya.

Dijelaskan Ustadz Gultom, terdapat banyak kejadian dan peristiwa yang menarik dari kaum muslimin yang terjadi pada bulan Syakban, sehingga bulan ini begitu istimewa. Pertama adalah pindah kiblat. Pada bulan Syakban, Kiblat berpindah dari Baitul Maqdis, Palestina ke Kakbah, Makkah al Mukarromah. “Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya.” (QS. Al Baqarah: 144).

Keutamaan yang kedua adalah waktu diangkatnya amal-amal manusia ke langit. Dan ketiga  keutamaan berpuasa pada bulan Syakban. Dari Aisyah radhiyallahu anha berkata: “Adalah Rasulullah SAW berpuasa sampai kami katakan dia tidak pernah berbuka. Dan dia berbuka ke arah katakan kami tidak pernah berpuasa. Saya tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadhan. Dan saya tidak pernah melihat dia lebih banyak daripada bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

Selanjutnya, yang ke empat diturunkannya ayat tentang anjuran membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dan ke lima yaitu bulan Syakban dinamakan juga bulan Al-Quran, pada saat-saat tertentu pembacaan Al-Quran yang lebih seperti di bulan Ramadhan dan Syakban, atau di tempat-tempat khusus seperti Mekah, Roudloh dan lain sebagainya.

“Adapun keutamaan yang terakhir atau ke enam adalah bulan ini Allah SWT mengampuni orang-orang yang meminta ampunan, utama orang-orang yang meminta belas kasihan, mengabulkan doa orang-orang yang berdoa, mengambil kesusahan orang-orang yang susah, memerdekakan orang-orang dari api neraka, dan mencatat bagian rizki dan amal manusia,” jelasnya.

“Demkian keutamaan dan keistimewaan bulan Syakban yang jarang kita ketahui. Semoga informasi di atas menambah khazanah kita dan lebih mendekat lagi ke Allah SWT,” ucap ustadz Gultom sebelum mengakhiri talk show Lensa Sergai.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender