• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow Lensa Sergai : KPUD Sosialisasi 5 Jenis Surat Suara

diskominfo      0

Talkshow Lensa Sergai : KPUD Sosialisasi 5 Jenis Surat Suara

Sei Rampah,

Edisi talkshow Lensa Sergai, Jumat (5/4) mengundang Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Dan sebagai narasumber adalah Komisioner KPU Sergai Misriani yang bertempat di Kantor Radio Sergai FM di Sei Rampah.

“12 hari menjelang pesta rakyat Indonesia yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang akan diselenggarakan 17 April mendatang adalah hal yang sudah nanti-nanti sebagaian besar masyarakat kita,” ungkap Misriani mengawali talk show.

Misriani menyampaikan, kami selaku KPUD Kabupaten Sergai terus gencar bersosialisasi kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Sergai. Dan dengan adanya kesempatan yang diberikan oleh Pemkan Sergai melalui Radio Sergai FM, kami merasa sangat berterimakasih karena sosialisasi yang dilaksanakan dapat semakin luas.

“KPUD hari ini akan mensosialisasikan 5 Jenis Surat Suara pada talk show Lensa Sergai. Kai berharap dengan adanya sosialisasi ini, pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 dapat berjalan lancar, aman, tertib serta kondusif,” ujarnya.

Misriani menjelaskan, pada pemilu 2019 akan dilakukan secara serentak.Nantinya pemilih akan diberikan lima jenis surat suara. Kelima jenis surat suara tersebut yaitu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota.

“Selain tulisan di surat suara, pemilih dapat membedakan kelima jenis surat suara ini melalui warna di masing-masing kertasnya,” jelas Misriani.

Surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden diberi tanda dengan warna abu-abu. Dalam surat suara ini, akan ditampilkan foto masing-masing kandidat, nama, nomor urut, serta di bawahnya tertera logo partai pengusung paslon.

Sedangkan untuk surat suara pemilihan DPD RI dengan warna merah dan untuk DPR RI yang diberi warna kuning. Berbeda dengan dua surat suara sebelumnya, surat suara DPR RI menampilkan logo parpol, nomor urut parpol, nama caleg, serta nama urut caleg.

“Surat suara keempat yaitu, untuk pemilihan DPRD tingkat Kabupaten/Kota dengan warna hijau. Dan terakhir, surat suara pemilihan DPRD tingkat Provinsi yang diberi warna biru,” ucapnya.

Mengakhiri talk show, ia mengatakan sebelum mencoblos, pastikan surat suara yang diterima dalam keadaan baik atau tidak rusak. Dan apabila ternyata surat suara tersebut rusak, pemilih dapat langsung meminta surat suara penganti kepada Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender