• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Live Talkshow bersama Kemenag Sergai : 7 Indikator Kabahagiaan Hidup

diskominfo      0

Live Talkshow bersama Kemenag Sergai : 7 Indikator Kabahagiaan Hidup

Sei Rampah,

Ibnu Abbas adalah sahabat SAW. Pada umur 9 tahun saja ibnu Abbas kecil telah hafal Al-Qur’an dan menjadi imam masjid. Sampai Nabi pun pernah berdo’a khusus untuk beliau,” ungkap Ustadzah Sri di awal talkshow Lensa Sergai bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (25/3).

Allahumma faqqohhu fiidaini,wa a’llamhutta’wiila. Yang artinya, Ya Allah,berilah kepadanya pemahaman tentang agama dan ajarilah dia tentang takwil.

Pada suatu hari ia pernah ditanya oleh para tabi’in tentang mengenai apa yang dimaksud dengan kebahagiaan dunia. Ibnu Abbas menjawab, ada 7 indikator mengenai kebahagiaan dunia. Pertama adalah Qalbun syakirun atau hati yang selalu bersyukur. Memiliki jiwa syukur berarti selalu menerima apa adanya (qona’ah), sehingga tidak ada ambisi yang berlebihan. Seorang yang pandai bersyukur sangatlah cerdas memahami sifat-sifat Allah SWT.

Selanjutnya, yang kedua adalah Al azwaju shalihah, yaitu pasangan hidup yang sholeh. Pasangan hidup yang sholeh akan menciptakan suasana rumah dan keluarga yang sholeh pula. Ketiga yaitu al auladun abrar, yaitu anak yang soleh, dimana doa anak yang sholeh kepada orang tuanya dijamin dikabulkan Allah. Dan keempat adalah albiatu sholihah, yaitu lingkungan yang kondusif untuk iman kita.

“Dalam sebuah haditsnya, Rasulullah menganjurkan kita untuk selalu bergaul dengan orang-orang yang sholeh. Orang-orang yang sholeh akan selalu mengajak kepada kebaikan dan mengingatkan kita bila kita berbuat salah,” jelas Ustadzah Sri.

Adapun indikator yang kelima, al malul halal, atau harta yang halal. Harta yang halal juga akan menjauhkan setan dari hatinya, maka hatinya semakin bersih, suci dan kokoh, sehingga memberi ketenangan dalam hidupnya. Keenam yaitu Tafakuh fi dien, atau semangat untuk memahami agama.Semangat memahami agama diwujudkan dalam semangat memahami ilmu-ilmu agama Islam. Semakin ia belajar, maka semakin ia terangsang untuk belajar lebih jauh lagi ilmu mengenai sifat-sifat Allah dan ciptaan-Nya.

“Dan indikator yang terakhir adalah umur yang baroqah. Umur yang baroqah itu artinya umur yang semakin tua semakin sholeh, yang setiap detiknya diisi dengan amal ibadah, “ ujar Ustadzah Sri sebelum mengakhiri talk show Lensa Sergai hari ini.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender