• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Statistik Sektoral Menjadi Urusan Dinas Kominfo Se Sumut

diskominfo      0

Statistik Sektoral Menjadi Urusan Dinas Kominfo Se Sumut

Medan,

Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), H. Ikhsan, AP, bersama dengan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se Sumatera Utara menghadiri Pertemuan Penyusunan Data Statistik Sektoral Provinsi Sumatera Utara (Provsu) bertempat di Garuda Plaza Hotel di Medan, Selasa (19/3).

Sejak tahun 2018 yang lalu, penanganan data statistik sektoral di Dinas Kominfo Provsu bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) telah membuat buku statistik sektoral Provsu Tahun 2018.

Demikian disampaikan Kadis Kominfo Provsu, Drs. H. Mhd. Fitriyus, SH, MSP dalam sambutannya saat membuka acara. “Selain itu, pertemuan ini juga bertujuan untuk memenuhi amanat Peraturan Gubernur Sumatera Utara Nomor 56 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Satistik Sektoral Provsu,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pertemuan ini memiliki makna yang sangat penting dan stategis untuk terwujudnya pemahaman dan penyelarasan penyusunan data statistik sektoral Provsu guna menghasilkan sejumlah data-data yang dibutuhkan dari OPD Pemerintah Provinsi dan Dinas Kominfo Kab/Kota se Sumatera Utara.

“Data-data yang akan disusun nantinya harus berkesinambungan, sinergis dan terintegrasi, sehingga dalam pelaksanaan pendataan data-data statistik sektoral dapat terlaksana dan tepat sasaran”, ujar Fitriyus.

Sementara itu, Kasubdit Kominfo Statistik dan Persandian Direktorat Sinkroniasi Urusan Pemerintahan Daerah II Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Ir. Obertua Butarbutar selaku narasumber menyampaikan bahwa, fungsi Dinas yang menyelenggarakan urusan statistik sektoral adalah sebagai WALIDATA terhadap data dan informasi yang berkaitan dengan urusan kewenangan daerah dari masing-masing OPD yang menyelenggarakan kewenangan daerah.

Kemudian narasumber kedua Kepala Seksi Diseminasi dan Layanan Satistik BPS Provsu, Ir. Masta Juwita Gurning,M.M, menjelaskan untuk penyusuan data statistik sektoral diperlukan adanya penetapan standard dan metadata yang menjadi pedoman dalam penyusunan data statistik sektoral untuk mencapai kesesuaian data.

“Dalam penyusunan data statistik sektoral agar mengacu pada standard data dan metadata baku yang telah ditetapkan oleh pembina data,” ungkap Masta.

Selanjutnya Masta menjelaskan bahwa, peran data dalam perencanaan pembangunan sangat penting dan diamanatkan dalam UU No. 25 Tahun 2004, perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender