• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Live Talkshow bersama Kemenag Sergai : Keistimewaan Bulan Rajab

diskominfo      0

Live Talkshow bersama Kemenag Sergai : Keistimewaan Bulan Rajab

Sei Rampah,

Bulan Rajab merupakan bulan haram (suci) dan/atau bulan yang dimuliakan. Karena merupakan bulan haram, maka tidak heran jika dikalangan masyarakat muslim banyak yang melakukan amal-amalan ketaatan di bulan ini,” ungkap Ustadz Sarwedi Gultom di awal talkshow Lensa Sergai bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (18/3).

Disampaikan Ustadz Gultom, terdapat 4 (empat) bulan haram, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Dan ada beberapa alasan kenapa bulan-bulan tersebut dinamakan bulan haram, yang pertama adalah pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan. Dan kedua adalah  pada bulan tersebut larangan untuk melakukan perbuatan haram karena mulianya bulan itu, demikian pula pada saat itu sangatlah baik untuk melakukan amalan ketaatan.

Selanjutnya, sunah yang penting dilakukan saat Rajab adalah mengevaluasi diri dengan menerapkan dua hal. Ini yang dilakukan oleh Nabi SAW. “Ada yang menyebut Rajab sebagai bulan introspeksi. Evaluasi diri dan menilai diri,” ucap Ustadz Gultom.

Hal pertama, yaitu menjauhi perbuatan zalim atau maksiat. Maksiat adalah menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya. Ketika zalim menjadi salah, perbuatannya disebut dengan maksiat dan menimbulkan dosa.

Ustadz Gultom menjelaskan, beberapa ulama dan syekh menyebut jika di bulan Rajab, ketika umat mampu meninggalkan maksiat, maka perbuatan itu melahirkan pahala berganda dibandingkan bulan-bulan lainnya. Apabila seseorang itu melakukan maksiat, dosanya juga akan berganda.

“Sebaiknya kita menjauhi maksiat yang mungkin dilakukan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Allah menciptakan segala sesuatu berlawanan, maksiat ada lawannya, yaitu taat. Dan, ini biasanya akan saling menjauhi satu sama lain,” ucapnya.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender