• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Workshop KIM, Kominfo Sergai Turut Serta Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

diskominfo      0

Workshop KIM, Kominfo Sergai Turut Serta Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Medan,

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) di Sumatera Utara (Sumut), Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) turut serta pada Workshop Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dilaksanakan Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara (Provsu) di Grand Kanaya Hotel Medan, Kamis (14/3).

Tema Workshop KIM 2019 adalah “KIM Berbasis Teknologi Informasi Jembatan Meningkatkan Nilai Tambah Ekonomi Anggotanya”, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bukti kita berjalan dan melangkah bersama untuk mewujudkan program Pemprovsu membangun desa, menata kota menuju Sumut Aman, Maju dan Bermartabat.

Demikian disampaikan Plh. Sekretaris Daerah Provsu Nouval Mahyar, SH pada Pembukaan Acara Workshop KIM yang dihadiri Perwakilan OPD Pemprovsu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, Insan Pers dan Perwakilan KIM dari Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara.

“KIM mempunyai peran besar dalam mendukung Pemerintahan Sumut melalui penyampaian informasi – informasi yang positif kepada masyarakat. KIM juga dapat mengedukasi masyarakat,” ujar Nouval.

Ditambahkannya, workshop ini dapat meningkatkan kemampuan setiap KIM, dan diharapkan dapat berperan menjadi jembatan peningkatan ekonomi masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, KIM dapat lebih produktif dan mampu memberikan nilai tambah.

Kasi Sumber Daya Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur selaku narasumber, Eko Setiawan, S.I.Kom.,M.Med.Kom mengatakan, langkah pemberdayaan KIM melalui Penguatan Kelembagaan Pendataan KIM, Pemberdayaan Media KIM, Kampanye Literasi Media Sosial dan Pemetaan Progresivitas KIM.

“Provinsi Jawa Timur sudah  memiliki Rancangan Peraturan Gubernur Jawa Timur tentang Tata Kelola dan Pemberdayaan KIM. Dengan adanya rancangan Peraturan ini diharapkan KIM di Kabupaten/Kota dapat dana dari anggaran desa sesuai dengan Peraturan Desa Nomor 6 Tahun 2014,” jelas Eko.

Selanjutnya, Kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia BBPSDMP Kominfo Medan, Abdul Rahman Harahap menambahkan bahwa, KIM kedepannya harus lebih berorientasi memanfaatkan TIK. Hal ini guna pengembangan ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Melalui layanan infrastruktur, jaringan dan pengembangan SDM, Kominfo Kota Medan mengantisipasi adaptasi peradaban dan kemajuan keanekaragaman lokal dengan mengembangkan kemampuan SDM-nya, untuk mencapai kualitas hidup masyarakat yang lebih baik.

Leave a Reply

kadis2.png

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender

    Maret 2019
    S S R K J S M
    « Feb    
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031