• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow Lensa Sergai, Dinas Ketapang : Sergai Andalkan Beras Organik

diskominfo      0

Talkshow Lensa Sergai, Dinas Ketapang : Sergai Andalkan Beras Organik

Sei Rampah,

Talk show Lensa Sergai hari ini mengundang Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Dengan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Ketapang Radianto, SP, M.MA sebagai narasumber pada live talk show di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (12/3).

Diawal talk show, Kadis Ketapang memperkenalkan jajarannya yang turut hadir pada hari ini, terdiri dari para Kepala Bidang, Kepala Seksi dan pelaksana pada Dinsa Ketapang Sergai.

“Dinas Ketapang Sergai saat ini membina 1.562 kelompok tani yang terdiri dari kelompok tani pangan, kebun dan ternak. Dinas Ketapang membantu kelompok tani tersebut dengan telah melaksanakan kegiatan Pembinaan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) sejak 2017,”ungkap Radianto.

Dikatakan Radianto, saat ini terdapat 2 Kelompok Tani yang telah  menjalankan kegiatan pertanian organik yaitu di Desa Lubuk Bayas dan Pematang Setrak. Kelompok Tani Subur Desa Lubuk Bayas telah menjalankan kegiatan pertanian organik seluas 20 Ha yang sudah di sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (LeSOS) Indonesia yang membantu para petani melalui pelatihan dalam bidang budidaya pertanian organik khususnya di desa ini.

“Pengembangan intensifikasi tanaman pangan dan mengembangkan pertanian organik bertujuan meningkatakan produksi tanaman pangan dengan mengembalikan lahan menjadi lahan organik melalui tahapan dan menghilangkan penggunaan bahan kimia. Saat ini Pemkab Sergai melalui Dinas Ketapang berupaya meningkatkan pengembangkan pertanian organik dan menjadikannya sebagai produk unggulan”, katanya.

Sebelumnya Radianyo juga mengatakan di Desa Lubuk Bayas telah memiliki 7 kelompok tani pangan dan 1 kelompok wanita tani dengan luas lahan sawah 418 ha, dimana 20 ha sudah menjadi lahan organik yang mengahasilkan padi organik dengan mengunakan teknologi yang baik untuk mendapatkan hasil maksimal.

“Kami berharap kedepannya akan lebih banyak lagi petani yang menanam padi organik, sehingga hal ini akan menjadi produk unggulan dari Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,”pungkasnya.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender