• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Pemkab Serdang Bedagai Ikuti Assessment Gerakan Menuju 100 Smart City

diskominfo      0

Pemkab Serdang Bedagai Ikuti Assessment Gerakan Menuju 100 Smart City

Jakarta,

Memulai gelaran program Gerakan Menuju 100 Smart City di tahun 2019, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melaksanakan Assessment Calon Peserta Gerakan Menuju 100 Smart City, bertempat di Pusat TIK Nasional Kominfo Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (21/2).

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengikuti kegiatan Assessment Calon Peserta Gerakan Menuju 100 Smart City tahun 2019 yang dihadiri oleh Kasi Infrastruktur dan Teknologi Sudiyono, S.Kom dan Kasi Pengembangan Data/ Aplikasi Khairil Umri, SH bersama dengan perwakilan 107 kabupaten/kota lainnya yang hadir pada saat kegiatan berlangsung.

Assessment smart city adalah suatu penilaian kabupaten/kota yang dilakukan oleh Kemenkominfo RI. Penilaian berdasarkan indikator-indikator yang sudah ditetapkan dengan mengimplementasikan digital government di daerah dengan tujuan untuk membuat pelayanan publik menjadi lebih mudah, murah dan cepat.

Proses assesment melibatkan berbagai stakeholder menjadi asesor/penilai seperti Kemenkominfo, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, Kemenko Perekonomian, Bappenas, KSP, dan BPPT. Sedangkan perwakilan akademisi yaitu Universitas Indonesia, ITB, Perbanas, dan UGM.

Proses penilaian yang berlangsung  selama 2 (dua) hari pada tanggal 21-22 Februari 2019  ini bertujuan untuk memilih kota/kabupaten yang selanjutnya akan mendapatkan pendampingan penyusunan program smartcity.

Kriteria pemilihan kabupaten/kota tersebut yaitu berdasarkan Kemampuan Keuangan Daerah (KKD), Indeks Kota Berkelanjutan, Dimensi Pembangunan Sektor Unggulan, Kabupaten/Kota Berkinerja Tinggi, Indeks Kota Hijau, serta Pembangunan Pemerataan dan Kewilayahan.

Sebelumnya, Kabupaten Sergai terpilih dari 165 kabupaten/kota yang telah diundang untuk mengisi kuesioner dan dilanjutkan dengan proses assessment/penilaian. Selanjutnya hasil penilaian tersebut akan memilih 25 kabupaten/kota yang paling siap untuk mendapatkan pendampingan serta bimbingan dalam penyusunan masterplan smartcity.

Diharapkan kedepannya, Kabupaten Sergai dapat terpilih dari 25 Kabupaten/kota yang akan menjadi “Kota Cerdas” pada program tahun ini. Dengan tujuan agar Kabupaten Sergai dapat lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender