• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow Lensa Sergai, Kemenag : Amal Perbuatan yang Paling Utama

diskominfo      0

Talkshow Lensa Sergai, Kemenag : Amal Perbuatan yang Paling Utama

Sei Rampah,

“Abu Hurairah pernah menceritakan sabda Rasulullah yang menyebutkan: Sesungguhnya Rasulullah pernah ditanya, amal apa yang paling utama? Beliau menjawab, beriman kepada Allah dan rasul-Nya. Beliau ditanya lagi, kemudian apa? Beliau menjawab, jihad di jalan Allah. Beliau ditanya lagi, kemudian apa lagi? Beliau menjawab, haji mabrur,” ungkap Ustadz Gultom mengawali talkshow “Lensa Sergai” bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (18/2).

“Tema kita hari ini adalah Amal Perbuatan yang Paling Utama. Pertanyaan tentang perbuatan atau amalan apa yang paling utama sering dilontarkan para sahabat kepada Rasulullah, tujuannya tidak lain agar penanya tahu dan kemudian mengamalkan amalan terbaik itu,” jelas Ustadz Gultom.

Lebih lanjut disampaikan Ustadz Gultom, menurut hadis di atas, amalan terbaik sebagaimana disampaikan Rasulullah, pertama adalah beriman kepada Allah dan rasul-Nya. Percaya dan mengikuti perintah- perintah-Nya, dan menjauhi semua larangan-Nya.

Begitu pula iman kepada rasul atau utusan Allah. Iman merupakan spirit yang menyatu dengan amal saleh. Karena semua amal perbuatan yang tidak didasari oleh keimanan tidak akan diterima oleh Allah SWT.

“Kedua, jihad atau berjuang di jalan Allah. Bersungguh- sungguh dalam memperjuangkan atau menegakkan agama Allah,” ujarnya.

Selanjutnya yang ketiga adalah haji mabrur. Pelaksanaan ibadah haji seseorang harus sah syarat dan rukunnya, atau sesuai dengan ketentuan- ketentuan yang telah diatur oleh Allah SWT.

“Tanda haji kita mabrur salah satunya adalah setelah haji kebaikannya bertambah. Ibadahnya bertambah, baik secara kuantitas maupun kualitas, dan muamalahnya juga bertambah baik kepada orang- orang yang ada di sekitarnya. Haji seperti inilah yang dijanjikan surga oleh Allah SWT,” jelasnya sebelum mengakhiri talkshow hari ini.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender