• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Integrasi e-planning dengan e-budgeting, Dinas Kominfo Turut Serta Study Banding Ke Pemkab Langkat

diskominfo      0

Integrasi e-planning dengan e-budgeting, Dinas Kominfo Turut Serta Study Banding Ke Pemkab Langkat

Langkat,

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) bersama 3 lainnya melakukan kunjungan kerja studi/banding ke Pemerintah Kabupaten Langkat terkait pelaksanaan integrasi aplikasi e-planning dengan e-budgeting bertempat di Ruang Langkat Command Center (LCC) di Kompleks Perkantoran Bupati di Langkat, Senin (4/2).

 yang sudah berjalan di Langkat. Pada kesempatan ini para tamu di jamu di ruangan Langkat Command Center (LCC) kantor Bupati Langkat, pada pukul 09.00 WIB. Hadir dari pihak Pemkab. Sergai , Bapak Kaharuddin Asisten II Ekbangsos, Bapak Sariful Azhar Kabag. Ekbangsos, Ibu Rahmi Halida Bagian Perekonomian, Bapak Reza Firmansyah Dinas PUPR, Bapak Mhd. Fadhil, Isa Kabid egov diskominfo, Bapak Budi Dawaris dari Bappeda.

Kedatangan para tamu dari kabupaten tetangga serumpun tersebut di sambut oleh Bapak Drs. Mulyono, M.Si. Staf Ahli Bupati Langkat bidang pembangunan ekonomi dan keuangan., Kadis Kominfo Bapak H. Syahmadi, S.Sos, M.SP., Sekretaris Dinas Kominfo Bapak Wahyudiharto, S.STP., Sekretaris Bappeda Bapak Ir. H. Hariyanto, Kabid Ekonomi Bappeda Bapak Ilhamsyah Bangun, ST., Sekretaris BPKAD Bapak Agus Suryabakti, S.Sos., Kabid Anggaran BPKAD Muhammad Efendi Matondang, SE., Ka. Bapenda Ibu Dra. Mulyani, S., Kabid Pendataan dan Penetapan Bapenda Deddy Sutono, S.STP, M.Si., Kabid Pengembangan Teknologi Aplikasi Informatika diskominfo Bapak Ade Audia helmi, ST., Kasi infrastruktur Diskominfo Bapak Ibadi Rahman Pohan, S.Kom., bersama Kasi Keamanan Informasi Diskominfo Bapak Muhammad Faisal, SE, M.I.Kom, dan Kasi Aplikasi Diskominfo Bapak Firdaus, ST.

Tim dari Pemkab Sergai berdiskusi dan bertukar berbagai informasi, serta ingin melihat dan mempelajari atas integrasi e-planning dan e-budgeting yang sudah dilakukan Langkat. Terintegrasinya sistem perencanaan dan keuangan merupakan salah satu parameter utama dalam pelaksanaan pemerintahan yang bersih dan transparan serta cepat. Untuk itu kedua instansi berkomiten untuk terus menyempurnakannya, salah satunya dengan cara bersinergi dan diskusi dengan daerah lain. Hal ini juga perwujudan rencana aksi pencegahan korupsi di Sumut yang di kawal langsung oleh KPK wilayah Sumut dalam bentuk koordinasi dan evaluasi setiap tahun.

Pada kesempatan itu Dinas kominfo langkat melakukan paparan tentang LCC dan integrasi aplikasi yang sudah berjalan di dalamnya, sebagai pusat komando terkait pelaksanaan e-government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat.

Pemkab langkat melalui Bapak Staf Ahli bidang  Pembangunan ekonomi dan keuangan berterima kasih serta menghargai kunjungan dari Pemkab Sergai ini. Hal ini merupakan moment pembuka tali silaturahmi dan kerjasama yang manis antar kedua instansi yang bertetangga dan serumpun. Kedepannya kedua instansi berkomitmen untuk saling berkoordinasi, berkerja sama serta bersinergi untuk memajukan dunia birokrasi di era digital yang sarat dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada daerahnya masing-masing yang bermanfaat untuk masyarakat.

Di akhir acara kedua instansi saling bertukar cenderamata berupa plakat daerah masing-masing, sebagai tanda persahabatan. Acara berakhir setelah zuhur dan setelah jamuan makan siang di rumah dinas Bupati Langkat. (04/02/2019).(Diskominfo)

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar rapat internal bersama tim tenaga ahli IT, guna membahas integrasi e-planning dan e-budgeting  (perencanaan dan penganggaran elektronik) yang akan mulai diterapkan tahun 2019.

Selama ini  proses perencanaan dan penganggaran di Kabupaten Sergai telah menggunakan aplikasi sistem informasi manajemen daerah (Simda), untuk penerapan manajemen keuangan menggunakan Simda keuangan, begitu juga penerapan pendapatan dan aset yang menggunakan Simda pendapatan dan aset.

Hal ini disampaikan oleh Kadis Kominfo Sergai diwakili Kabid Penyelenggaraan e-Government Mhd. Fadhil Isa, saat mengawali rapat internal bersama tim tenaga ahli IT dari Bappeda dan BPKA Sergai di ruang Data Center Kantor Dinas Kominfo di Sei Rampah, Kamis (24/1).

Turut hadir, Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Sergai Budi Damanik, Kasi Infrastruktur dan Teknologi Sudiyono, S.Kom, Kasi Pengembangan dan Data Aplikasi Khairil Umri, dan tim tenaga ahli programmer dan server dari OPD terkait.

Selanjutnya dikatakan Fadhil, kita perlu mengintegrasikan e-planning dan e-budgeting ini dengan segera, agar proses perencanaan dan penganggaran di Kabupaten Sergai dapat berjalan lebih efektif dan efisien, ujarnya.

“Dengan adanya tim tenaga ahli dari masing-masing OPD yang akan saling bekerjasama, kami mengharapkan bisa mengintegrasikan secara sempurna termasuk sistem aplikasinya sendiri bisa diimplementasikan dengan lebih baik”, ungkapnya Fadhil.

Penerapan e-planning dan e-budgeting adalah bagian dari beberapa aplikasi yang direkomandasikan oleh KPK dalam tahapan rencana aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi. Dengan diterapkannya sistem perencanaan dan sistem penganggaran berbasis eletronik ini, maka dituntut kepada semua pemangku kepentingan (stake holder / OPD) untuk merencanakan secara teliti, agar program dan kegiatan di masing-masing OPD sesuai skala prioritas dengan merujuk pada Visi dan Misi Kabupaten.

Leave a Reply

kadis2.png

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender

    Februari 2019
    S S R K J S M
    « Jan    
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728