• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow Lensa Sergai “Peran Kejaksaan Dalam Laka Lantas”

diskominfo      0

Talkshow Lensa Sergai “Peran Kejaksaan Dalam Laka Lantas”

 

Sei Rampah,

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menjadi narasumber pada talkshow “Lensa Sergai” dan sebagai pembicara adalah Jaksa Penuntut Umum Andi Halim di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (11/10).

“Lalu lintas dan angkutan jalan mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan dan integrasi nasional sebagai bagian dari upaya memajukan kesejahteraan umum sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”, papar Andi.

Diungkapkan Andi, kecelakaan lalu lintas dijalan raya menyebabkan kematian jutaan manusia setiap tahun di seluruh dunia. Ironisnya tidak semua orang yang terlibat dalam kecelakaan tersebut murni bersalah tetapi tetap saja dijadikan sebagai tersangka.

Menurut Andi, kepolisian yang bertugas dalam menetapkan status tersangka harus paham mengenai perumusan tindak pidana. Karena kekurang pahaman dalam memaknai suatu rumusan tindak pidana tentu akan berpengaruh dalam menunjukkan ada tidaknya hubungan rangkaian perbuatan dengan akibatnya, jelasnya.

“Dalam menangani suatu perkara kecelakaan lalu lintas hingga mengakibatkan matinya seseorang apabila penyidik sudah menetapkan seseorang menjadi tersangka tidak langsung dilimpahkan ke kejaksaan. Penyidik masih memberikan kesempatan untuk dilakukan proses penyelsesaian perkara di luar Pengadilan dengan jalan musyawarah atau mediasi atas kesepakatan kedua belah pihak”, ujar Andi.

Kejaksaan akan melakukan pertimbangan pada kasus yang dilimpahkan oleh penyidik. Karena pada hakekatnya dalam proses persidangan, hakim akan berpegang pada apa yang diajukan oleh penuntut umum. Dan penuntut umum dalam menangani suatu perkara pidana kecelakaan lalu lintas berpegang pada berkas perkara formil dan materiil yang dilimpahkan oleh penyidik. Penuntut umum melakukan penelitian mengenai berkas perkara tersebut dan menyesuaikan satu sama lain guna menentukan apakah perkara tersebut merupakan tindak pidana kealpaan atau bukan sehingga murni memenuhi unsur Pasal yang telah ditetapkan atau tidak.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender