• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Live Talkshow bersama Kemenag Sergai : “Bahaya Lidah Menurut Islam”

diskominfo      0

Live Talkshow bersama Kemenag Sergai : “Bahaya Lidah Menurut Islam”

Sei Rampah,

“Islam menganjurkan untuk berkata dengan kata-kata yang baik seperti yang tertulis di Al Qur’an Surat 17 ayat 53. Anjuran yang tertulis dalam Al Qur’an ini tentu menjadi peringatan bagi seluruh kaum muslimin agar tetap menjaga lidahnya”, ungkap Ustadzah Sri mengawali talkshow “Lensa Sergai” bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (8/10).

Dikatakan Ustadzah Sri, seseorang yang tidak pernah menjaga perkataannya akan mendapatkan kerugian yang sangat besar, yaitu merugi karena hilangnya pahala. Seseorang yang berkata tidak baik akan kehilangan pahala yang ia miliki, seperti sabda Rasulullah SAW. “Bertaqwalah kepada Allah, jika ada orang yang mencela kekuranganmu, maka jangan kau balas dengan mencela kekurangannya. Maka dosanya ada padanya dan pahalanya ada padamu. Dan janganlah kau mencaci-maki siapa pun”.

Selanjutnya,  dengan tidak menjaga lisan kita, maka akan menyakiti hati orang lain. Allah SWT membenci perkataan yang buruk kepada orang lain. Kita lebih baik diam jika tidak bisa berkata-kata baik kepada sesama muslim.

Selain itu, perkataan yang tidak baik juga bisa memicu perselisihan. Jika seseorang telah tersakiti dengan perkataan seseorang, perselisihan di antara mereka bisa saja terjadi yang mungkin akan berujung pada pertengkaran.

Lebih lanjut, dikatakan Ustadzah Sri, ada beberapa perkataan yang tidak baik untuk diucapkan menurut Islam yaitu pertama berbohong, Berbohong merupakan hal sangat dibenci Allah SWT. Berkata bohong atau sesuatu yang tidak benar sangatlah merugikan, bukan hanya diri sendiri tapi juga orang lain. Kedua menyebarkan rahasia. Ketiga mengejek atau mencemooh, selanjutnya adalah berkata jorok dan keji, bicara secara berlebihan, melibatkan diri dalam sebuah pembicaraan batil, mengutuk dan yang terakhir adalah bertengkar.

“Dapat kita simpulkan, hakikatnya menjaga lisan atau perkataan adalah hal wajib bagi semua orang. Jika seseorang tidak mampu menjaganya, dia akan dengan mudah berkata hal buruk yang akan merugikan dirinya sendiri dan juga orang lain”, jelas Ustadzah Sri.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender