• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Talkshow Lensa Sergai” Dinas Kominfo Sosialisasi Pengurusan Surat Rekomendasi Izin Warnet

diskominfo      0

“Talkshow Lensa Sergai” Dinas Kominfo Sosialisasi Pengurusan Surat Rekomendasi Izin Warnet

Sei Rampah,

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melakukan sosialisasi pengurusan surat rekomendasi izin warung internet (warnet) padasaatlive talkshow “Lensa Sergai di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (20/9).

Saat talk show berlangsung, Kasi Layanan e-Government Rini Aswani, ST, didampingi pelaksana pada Dinas Kominfo Dewi Safriani, S. Kom menyampaikan bahwa banyak dari pengusaha warnet di Sergai yang belum memiliki izin usaha. “Sebanyak 179 warnet yang telah terdaftar, hanya 44 warnet saja yang telah mengurus dan memiliki izin usaha”, ungkap Rini.

Rini mengatakan, sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pengendalian dan Penertiban Operasional Warnet di Pemkab Sergai, Dinas Kominfo sejak 2017 telah melakukan pelayanan pengurusan surat rekomendasi izin warnet. “Kami sudah beberapa kali melakukan survei kelayakan warnet dan melakukan penilaian terhadap pengusaha warnet yang mengajukan permohonan ke Dinas Kominfo, dan kami akan mengeluarkan surat rekomendasinya selama warnet tersebut telah memenuhi standar kelayakan yang ada di Perbup”, ujarnya.

Beberapa hal yang dinilai antara lain, tidak adanya sekat pembatas pada warnet, tidak terdapat situs porno, perjudian, warnet harus memiliki penerangan yang cukup dan kamar kecil yang memadai. Selain itu, tidak mengizinkan siswa berseragam sekolah menggunakan fasilitas warnet selama jam sekolah dan jam operasi warnet tidak melebihi pukul22.00 WIB.

Lebih lanjut Rini menjelaskan, layanan pengurusan surat izin rekomendasi warnet ini sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi jika pengusaha warnet akan mengajukan izin usaha ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu (DPMP2TSP) Sergai. Dan sejak Agustus 2018, untuk permohonan surat rekomendasi izin warnet ini terlebih dahulu harus mendapatkan nota pengantar dari Dinas PMP2TSP.

Diakhir talkshow, Dinas Kominfo menghimbau kepada para pengusaha warnet di Sergai untuk dapat melakukan pengurusan izin usaha warnetnya, sebagai upaya dalam mendukung program pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sergai.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender