• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow “Lensa Sergai” Polres Sergai : Kenakalan Remaja dan Narkoba

diskominfo      0

Talkshow “Lensa Sergai” Polres Sergai : Kenakalan Remaja dan Narkoba

Sei Rampah,

Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menjadi narasumber pada talkshow “Lensa Sergai” dan sebagai pembicara adalah Kanit Bin Timas Zulhendri Barus bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (13/9).

Masa remaja adalah masa yang paling indah dan tidak akan pernah dilupakan. Jika kita melewatinya dengan berbagai kegiatan positif, namun apabila diisi dengan hal negatif dan sia-sia seperti membolos sekolah, merokok, perjudian, mabuk-mabukkan hingga narkoba, maka masa remaja kita tidak akan lagi indah,” ungkap Kanit Bin Timas Zulhendri Barus saat mengawali talkshow.

Dikatakan Zulhendri, usia remaja tidak dikatakan lagi sebagai kanak-kanak namun juga belum bisa dikatakan dewasa. Hal ini dapat membingungkan, sama dengan kebingungan mereka dalam mencari identitas diri yang sebenarnya, jelasnya.

Lebih lanjut Zulhendri menjelaskan, hal inilah yang kadang menimbulkan masalah karena remaja terkadang bertindak sesuai dengan keinginan mereka tanpa memikirkan apakah yang dilakukan itu benar atau salah sehingga berdampak merugikan orang-orang disekeliling mereka yang disebabkan kenakalan mereka terkadang menjurus pada tindakan kejahatan. Seperti curanmor, pencopetan, asusila dan kecanduan narkoba.

Selanjutnya, dikatakan Zulhendri, salah satu contoh kenakalan remaja adalah terlibat dalam penggunaan narkoba (narkotika, psikotropika, dan zak adiktif lainnya). Dampak yang ditimbulkan oleh remaja pengguna narkoba berpengaruh pada kehidupan pribadi dan juga keluarganya. Bagi remaja yang masih berstatus sebagai pelajar narkoba dapat berpengaruh pada prestasi belajar. Sementara, pada keluarga adalah orang tua akan menjadi cemas atas perilaku anaknya.

Lingkungan keluarga merupakan faktor yang sangat penting dalam upaya pencegahan serta penanggulangan keterlibatan remaja dengan narkoba. Keharmonisan dan kehangatan dalam keluarga berdampak pada kestabilan emosi dan proses mengenal jati diri seorang anak. Disamping itu, lingkungan masyarakat juga turut bertanggung jawab dalam mengupayakan remaja bebas narkoba. Masyarakat harus peka terhadap maraknya peredaran narkoba.

 

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender