• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Live Talkshow bersama Kemenag Sergai : “5 Cara Istiqomah Dalam Beramal”

diskominfo      0

Live Talkshow bersama Kemenag Sergai : “5 Cara Istiqomah Dalam Beramal”

Sei Rampah,

“Dalam beramal shalih, seseorang butuh melaksanakannya secara konsisten. Banyak nasihat dan peringatan yang kita dengarkan, tetapi tidak memberikan pengaruh dalam amalan kita selama ini”, ungkap Ustadz Kholid mengawali talkshow “Lensa Sergai” bertempat di Radio Sergai FM

Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (3/9). Dijelaskan Ustadz Kholid, dalam QS. An. Nisa ayat 66-68 dikatakan, “Dan sesungguhnya kalau mereka melaksanakan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka). Dan kalau demikian, pasti kami berikan kepada mereka pahala yang besar dari sisi kami. Dan pasti kami tunjukkan mereka kepada jalan yang lurus”.

Beberapa hal yang perlu kita lakukan agar tetap berkesinambungan dalam beramal adalah yang pertama mengetahui dan merenungkan dalil-dalil syar’i yang menunjukkan keutamaan suatu amal, hal ini akan membantu agar senantiasa konsisten dalam berbuat kebaikan. Yang kedua adalah memohon pertolongan kepada Allah Ta’ala dan bertawakkal hanya kepada-Nya. Dan yang ketiga yaitu meyakini adanya balasan yang agung dan kebaikan yang banyak dari suatu amal yang rutin dikerjakan. “Allah SWT telah menyiapkan balasan bagi orang-orang yang beramal shalih berupa kebaikan dan nikmat yang banyak, baik untuk dunia atau pun di akhirat”, jelas Ustadz Kholid.

Lebih lanjut dijelaskan Ustadz Kholid, kiat yang keempat adalah senantiasa mengingat kaidah “al-jazaa’ min jinsil ‘amal” yaitu sebagaimana yang kita perbuat, maka kita akan mendapatkan balasan yang semisal. “Ketika kita memahami hal ini, maka akan mencegah diri kita dari beramal buruk karena kita khawatir akan mendapatkan balasan buruk dari perbuatan yang kita lakukan”, ujarnya.

Dan kiat yang kelima adalah senantiasa mengingat dan merenungkan semangat ulama salaf dalam beramal. Kita dapat merenungkan kondisi kehidupan para ulama salaf terdahulu. Kalau kita melihat dan membaca buku-buku sejarah para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, kita akan jumpai kisah dan perjalanan hidup yang akan memotivasi kita untuk semangat beramal.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender