• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow Lensa Sergai “Disnakerkop & UM Wajibkan Pengusaha Daftar Jaminan Sosial Bagi Pekerja di Sergai“

diskominfo      0

Talkshow Lensa Sergai “Disnakerkop & UM Wajibkan Pengusaha Daftar Jaminan Sosial Bagi Pekerja di Sergai“

Sei Rampah,

Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakerkop & UM) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menjadi narasumber talkshow “Lensa Sergai” edisi Jumat (27/7) di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah.

Talkshow dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Bernart Sijabat dengan tema “Kewajiban Pengusaha di Kabupaten Sergai untuk Mendaftarkan Pekerja pada Program Jaminan Sosial”.

Dikatakan Bernart, saat ini ada sebanyak 359 perusahaan maupum UMKM di wilayah Kabupaten Sergai dengan jumlah pekerja seluruhnya sebanyak 29.574 jiwa, yang terdiri dari beberapa status pekerjaan yaitu pekerja harian lepas, pekerja borongan dan pekerja tetap.

“Upah standar minimum di Kabupaten Sergai saat ini adalah Rp 2.447.714 per bulan, dan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Sergai, agar setiap pengusaha wajib mendaftarkan pekerjanya pada program jaminan sosial”, jelas Bernart.

Lebih lanjut dikatakanya, program jaminan sosial yang harus didaftarkan meliputi jaminan kesehata, kecelakaan, kematian dan jaminan hari tua/ pension.

“Kami berharap agar pengusaha lebih menprioritaskan pekerjanya dari segi kesehatan maupun keselamatan saat bekerja”, katanya.

Adapun tujuannya agar dikemudian hari jika terjadi perselisihan antara pengusaha dan pekerja tidak akan mengakibatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) sehingga dapat menghindari jumlah pengangguran di Kabupaten Sergai.

 

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender