• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow Lensa Sergai “Selain Membaca, Dispursip Sergai Miliki Berbagai Kegiatan Menarik”

diskominfo      0

Talkshow Lensa Sergai “Selain Membaca, Dispursip Sergai Miliki Berbagai Kegiatan Menarik”

Menjadikan pusat destinasi wisata dengan ada jodoh. Ada kampung dongeng, mengajarkan anak2 berdongeng, memutarkan film, berkujung ke perpustakaan yang ada disekolah, rumah ibadah, desa, kecamatan.

Sei Rampah,

Edisi “Lensa Sergai” Rabu (27/6) mengundang Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sebagai narasumber. Dihadiri langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Dra. Salmiah, MM, talkshow berlangsung dengan sangat interaktif di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah. Menurut Kepala Dispursip Sergai Salmiah, saat ini perpustakaan tidak hanya sebagai pusat tempat membaca, selain itu dapat berfungsi sebagai pusat destinasi wisata edukasi, paparnya.

“Tahun ini di lingkungan Kantor Dispursip Sergai yang berada di Jl. Negara (Kompleks Replika Istana Sultan Serdang) Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan telah memiliki beberapa “joglo” yang berfungsi sebagai “kampung dongeng”, yang akan kami fasilitasi untuk dapat mengajarkan anak-anak berdongeng”, ungkapnya. Selain itu menurut Salmiah, tempat tersebut juga dapat dijadikan tempat pemutaran film edukasi yang memiliki banyak pesan moral sehingga dapat disaksikan baik pelajar maupun masyarakat.

Selanjutnya dikatakan Salmiah, tahun ini Dispursip Sergai akan mengirimkan peserta didik SD yang berasal dari Kecamatan Sei Rampah sebagai perwakilan untuk mengikuti lomba bercerita tingkat provinsi, setelah sebelumnya mendapatkan juara pertama tingkat kabupaten edukasi  pusat destinasi wisata

Dengan diwakilkan oleh Sekretaris Dispursip Sergai Aminuddin, S.Sos didampingi Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca Herlinawati, S.Sos dan Kabid Pengolahan Layanan dan Pelestarian Kearsipan Dra. Erlina. Talkshow diawali dengan paparan kegiatan-kegiatan yang telah Dispursip Sergai lakukan di tahun sebelumnya dan menyampaikan pesan Kepala Dinas (Kadis) Dispursip Sergai Dra. Salmiah yang berhalangan hadir pada talkshow “Lensa Sergai” hari ini. Pesan Kadis Dispursip agar masyarakat Sergai gemar membaca dan aktif dalam mengunjungi kantor perpustakaan baik yang berada di Kabupaten ataupun di Kecamatan, ungkap Aminuddin.

Menurut Dra. Erlina, beberapa kegiatan seperti Layanan Mobil Perpustakaan Keliling pada sekolah-sekolah dan desa-desa, antusiasme cukup besar dari masyarakat khususnya pelajar-pelajar. Lebih lanjut dikatakan untuk memperoleh jadwal kunjungan Mobil Perpustakaan Keliling ini, dapat mengirimkan surat permohonannya kepada Dispursip Sergai terlebih dahulu disebabkan Mobil Perpustakaan Keliling yang ada saat ini hanya 1 unit, sehingga Dispursip Sergai harus melakukan penjadwalan sebelumnya, jelas Erlina.

Diwaktu yang sama Herlinawati, S.Sos selaku Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca Dispursip Sergai menjelaskan bahwa November tahun 2017, Dispursip Sergai telah melakukan kegiatan Sosialisasi UU No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan PP No.24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU No.43 Tahun 2017, bertempat di Aula Pantai Wong Rame Kecamatan Pantai Cermin. Kegiatan yang diikuti sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari Kades, pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Perpustakaan SD/SMP/SMA, Perpustakaan khusus dan rumah ibadah ini, turut dihadiri langsung oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekriman yang berpesan agar setiap desa di tahun 2018 membangun satu perpustakaan yang biayanya dapat diperoleh dari alokasi Dana Desa, ungkap Herlinawati.

Mengingat Bupati Sergai Ir. H.Soekirman memiliki hobi membaca, jajaran Dispursip diakhir talkshow menyampaikan harapan yang sangat besar kepada seluruh masyarakat Sergai umumnya dan pelajar-pejalar khususnya untuk gemar membaca, baik membaca secara manual melalui buku, majalah ataupun memanfaatkan teknologi informasi seperti internet, gadget dan sebagainya, karena dengan membaca akan membuka wawasan kita lebih luas dan lebih cerdas.

Sebelum mengakhiri siarannya, Sekretaris Dispursip menginformasikan jadwal layanan  Kantor Dispursip Sergai pada hari senin-kamis pukul 08.00-16.00 WIB dan hari jumat pukul 08.00-15.30 WIB, sedangkan hari Sabtu dan Minggu tidak membuka layanan. Di Kantor Dispursip Sergai masyarakat dapat membaca, meminjam buku dan menggunakan layanan internet secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender