• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Talkshow Lensa Sergai” Kejari Sergai : Undang- undang Perlindungan Anak

diskominfo      0

“Talkshow Lensa Sergai” Kejari Sergai : Undang- undang Perlindungan Anak

Sei Rampah,

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) hari ini menjadi narasumber dalam talkshow “Lensa Sergai”. Kejari Sergai mengusung tema “Undang-undang (UU) Perlindungan Anak” pada talkshow Kamis (17/5) di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah.

Salah satu Jaksa Fungsional Kejari Sergai Juwita Citra, SH menjelaskan tentang UU Perlindungan Anak. “Pada pasal 1 butir 2 UU Perlindungan Anak dikatakan bahwa, pemerintah akan menjamin segala hak-hak anak agar tumbuh kembangnya terhindar dari tindakan kekerasan dan diskriminasi baik fisik maupun psikis”, jelasnya.

Dikatakan Juwita, saat ini “bullying” kerap terjadi dikalangan anak-anak usia sekolah. Hal ini jika terjadi terus menurus akan menghambat tumbuh kembang psikis anak dimasa depanya.  “Pada pasal 9 dijelaskan bahwa, setiap anak berhak untuk memperoleh pendidikan dan perlindunganya dilakukan oleh negara”, katanya.

Lebih lanjut dikatakan Juwita, peran keluarga, sekolah, pemerintah dan lingkungan masyarakat sekitarnya sangat diperlukan dalam memberikan dan memantau tumbuh kembang pendidikan anak. Sehingga anak dapat terlindungi dari hal-hal yang negatif.

Ditambahkan Andriani, sejak usia dini anak juga harus diberikan pendidikan seks. “Hal ini dianggap tabu oleh masyarakat, akan tetapi dengan diberikannya pendidikan seks sejak usia dini oleh orangtua maupun sekolah dengan cara yang tepat, maka anak tersebut akan memahami hal-hal apa saja yang baik dan tidak baik untuk dirinya”, ungkapnya.

Menurutnya, peran orangtua sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Melalui pemberian pendidikan yang baik dan pemantauan tingkah laku anak, diharapkan anak-anak generasi penerus bangsa tidak akan menjadi korban ataupun pelaku pelecehan seksual dan terhindar dari pergaulan bebas.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender