• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Talkshow Lensa Sergai” Melalui BUM Des, Desa Buluh Duri Kelola Sektor Wisata dan Air Bersih

diskominfo      0

“Talkshow Lensa Sergai” Melalui BUM Des, Desa Buluh Duri Kelola Sektor Wisata dan Air Bersih

Sei Rampah,

Edisi Selasa (15/5) talkshow “Lensa Sergai” “Lensa Sergai” mengundang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Serdang Bedagai (Dinas PMD Sergai) untuk melakukan live talkshow di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah.

Sebagai narasumber adalah Kepala Dinas PMD Sergai Drs. Dimas Kurnianto, SH dan dihadiri juga oleh Kepala Desa (Kades) Buluh Duri Kecamatan Sipispis Dewi Yanti Purba.

“Hari ini, kami mengajak Kades Buluh Duri Kecamatan Sipispis untuk turut menjadi narasumber pada talkshow Lensa Sergai, yang akan menjelaskan beberapa kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis”, ungkap Dimas.

Dikatakan Dimas, Kabupaten Sergai saat ini telah memiliki 98 BUM Desa dan 5 BUM Des Bersama. Dimana BUM Desa ini diharapkan akan menjadi kekuatan ekonomi baru di wilayah pedesaan di Kabupaten Sergai.

Sementara Kades Buluh Duri Kecamatan Sipispis Dewi Yanti mengatakan, tahun 2017 Desa Buluh Duri melalui BUM Des-nya telah mengelola 6 unit sumur bor yang terhubung dengan pipa penyaluran air bersih ke permukiman masyarakat sebanyak 319 rumah. “Air bersih merupakan kebutuhan utama masyarakat Desa Buluh Duri, karena jarak mata air yang cukup jauh dari permukiman warga hingga beberapa kilometer”, ungkapnya.

“Desa Buluh Duri pada 2018 melalui BUM Des-nya akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata untuk mengelola daerah wisata arung jeram yang berada di Sungai Bah Bolon dengan mengadakan perahu untuk sarana mobilitas wisatawan”, kata Dewi.

Diharapkan dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai, pengembangan wisata arum jeram di Desa Buluh Duri akan lebih baik lagi dan lebih diminati wisatawan.

Diakhir talkshow, Kadis PMD Sergai menghimbau kepada masyarakat yang ada di desa, hendaknya masyarakat turut aktif dalam mengembangkan aset-aset yang ada di desanya masing-masing, yang kemudian dapat dikelola melalui BUM Des-nya. Dengan demikian perekonomian masyarakat di desa dapat meningkat dan masyarakat dapat hidup lebih kesejahteraan.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender