• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow Lensa Sergai “Disdik Sergai : Penguatan Pendidikan Karakter”

diskominfo      0

Talkshow Lensa Sergai “Disdik Sergai : Penguatan Pendidikan Karakter”

Sei Rampah,

Talkshow “Lensa Sergai” hari ini mengundang Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai (Disdik Sergai). Dengan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Sergai Joni Walker Manik sebagai narasumber pada live talkshow di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (4/5).

Mengawali talkshow, Joni Walker mengatakan, peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 tahun ini pelaksanaannya di sekolah SMA Negeri 1 Kecamatan Pantai Cermin. Sekolah ini telah menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri 2017, sehingga terpilih menjadi tempat pelaksanaan Hardiknas tahun ini.

Joni Walker menjelaskan program Kementerian Pendidikan RI tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PKK). Hal ini yang akan turut dilaksanakan di Pemkab Sergai. “Seluruh stackholder yang ada di Pemkab Sergai harus berkomiten untuk melaksanakan perubahan dan melakukan pembinaan siswa di Sergai untuk penerapan PKK sejak dari tingkat SD”, ungkapnya.

“Langkah ini dilakukan, sebagai wujud antisipasi terhadap perilaku siswa yang tidak pantas, agar tidak mencoreng nama baik sekolah nantinya”, kata Joni.

Selanjutnya Joni mengatakan bahwa, Dinas Pendidikan telah bekerja sama dengan pengawas, sekolah, bimbingan belajar untuk mewujudkan penerapan PKK. “Prinsip PKK itu bersumber di tenaga pendidik atau guru. Namun dalam penerapannya, tergantung dari kemampuan guru itu sendiri”, jelasnya.

Masih menurut Joni,  ada dua sumber utama, yaitu guru dan alam. “Jadi, bagaimana guru menghubungkan dirinya dengan alam agar siswa bisa meniru kebaikan dalam budaya sehari-hari,” ujarnya.

Disebutkan dia, ada empat budaya yang tengah digiring ke sekolah-sekolah. Keempat budaya itu antara lain yaitu budaya santun, budaya jujur, budaya sehat dan budaya bersih.

Beberapa kendala kerap masih terjadi pada penerapan PKK. Tetapi Kadis Pendidikan berharap akan adanya integrasi dari berbagai pihak dan juga alokasi waktu yang cukup. “Mudah-mudahan, sekolah-sekolah nantinya bisa menerapkan program PPK ini kepada para siswa,” harapnya. MC Sergai/vivi

 

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender