• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Live Talkshow bersama Kemenag Sergai : 4 Ciri Orang Celaka di Akhirat

diskominfo      0

Live Talkshow bersama Kemenag Sergai : 4 Ciri Orang Celaka di Akhirat

Sei Rampah,

Talkshow “Lensa Sergai” edisi 9 April 2018 mengundang Kementrian Agama Kabupaten Serdang Bedagai (Kemenag Sergai) yang dijadwalkan setiap Senin dengan program siarannya yaitu Dakwah Islam (Dakis) dengan narasumber adalah Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam Sarwedi Gultom, S.Ag, bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (9/3).

Dengan tema talkshow “4 Ciri Orang Celaka di Akhirat”, Ketua Pokjaluh Sarwedi Gultom memaparkannya satu per satu. Ciri pertama adalah “Suka melupakan dosa-dosa yang telah lalu, padahal dosa-dosa itu tersimpan di sisi Allah SWT”. Pada diri manusia terdapat sifat lupa, Allah SWT menciptakan sifat lupa karena Ia hendak  membimbing hamba-Nya agar manusia tidak melakukan kesalahan  pada kesempatan berikutnya. Orang yang sengaja melupakan dosa-dosa yang telah dilakukan padahal dosa tersebut tidak akan pernah dapat ia lupakan dapat dipastikan akan mengalami kecelakaan dalam hidupnya, ungkapnya.

“Kedua adalah Suka membangga-banggakan kebaikan yang telah lalu, padahal ia tidak tahu apakah kebaikannya itu diterima atau tidak”. Orang yang membanggakan diri merasa bahwa prestasi yang ia capai adalah sebagai kemampuan diri, seolah tidak ada dzat lain yang menjadi sebab keberhasilannya, jelasnya.

Dikatakan Sarwedi lebih lanjut, ciri yang ketiga adalah “Dalam urusan dunia ia suka melihat kepada orang yang lebih tinggi”. Ini adalah sebuah ciri sebagai orang ingkar yang akan mendapat murka dari Allah SWT, sebab mereka suka menafikan syukur kepada Allah SWT.  Orang yang menyukai kehidupan dunia dari pada kehidupan akirat tidak peduli batasan  mana  halal dan haram dikatakan Rasulullah SAW, mereka termasuk golongan orang-orang yang akan mengalami kecelakaan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Ciri yang terakhir adalah dalam urusan agama ia suka melihat kepada orang yang lebih rendah. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Al-Baqoroh ayat 148 “Berlomba-lombalah dalam kebaikan”. Orang yang melakukan kebaikan (amal sholih) selalu  membandingkan dengan orang lain yang. Sebagai contoh, orang merasa bahwa dengan sedikit berinfak sudah merasa berinfak besar, padalah amalannya tersebut lebih banyak didasasri oleh rasa tidak ikhlas, kata Sarwedi.

Demikian tanda-tanda  golongan orang yang celaka di akhirat. Karena itu, mari kita jadikan dosa-dosa  yang telah kita lakukan di masa lampau sebagai peringatan, dan dalam urusan dunia  selalu melihat ke bawah bahwa masih banyak orang yang lebih berat ujiannya dibanding  kita  dan mari kita mencontoh mereka yang lebih mulia dalam urusan agama.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender