• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow Lensa Sergai “Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana oleh Dinas BPBD Sergai“

diskominfo      0

Talkshow Lensa Sergai “Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana oleh Dinas BPBD Sergai“

Sei Rampah,

Memasuki hari ketiga April 2018, “Lensa Sergai” mengundang Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (BPBD Sergai) untuk melakukan live talkshow melalui gelombang 92,5 Mhz di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (4/3).

Dengan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas BPBD Henri Suharto, SE mengungkapkan bahwa, Kabupaten Sergai merupakan wilayah yang rawan dari berbagai bencana alam seperti banjir, gempa, angin puting beliung, tanah longsor dan berbagai bencana alam lainnya.

“Apabila terjadi bencana, masyarakat berhak mendapatkan pelayanan dan perlindungan berdasarkan standar pelayanan minimum yang telah ditetapkan sesuai peraturan pada BPBD Sergai”, ujar Henri.

Dijelaskan Henri, dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana dilaksanakan berdasarkan 4 aspek, pertama sosial ekonomi dan budaya masyarakat, kedua kelestarian lingkungan hidup, ketiga kemanfaatan dan efektifitas, dan keempat lingkup luas wilayah.

“Penyelenggaraan penanggulangan bencana terdiri atas 3 tahapan, meliputi prabencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana. Dalam hal terjadi darurat bencana di daerah, Bupati menetapkan Peraturan Nomor 21 Tahun 20017 tentang pemberian bantuan kepada korban becana, jenis bencana yang terjadi, jenis bantuan yang diberikan dan kriteria tingkatan bencana”, ungkapnya.

Sementara itu, pada tahapan pasca bencana meliputi rehabilitasi dan rekontruksi yang dilakukan melalui kegiatan pembangunan yang lebih baik pada korban yang terkena bencana.

Di akhir talkshow Hendri menghimbau, bagi masyarakat Sergai yang mengetahui bencana yang sedang terjadi di wilayah Kabupaten Sergai seperti kebakaran, banjir, angin puting beliung dan lainnya, untuk segera memberitahukan ke Kantor BPBD Sergai yang beralamat kantor di Jalan Negara Km. 58 Kecamatan Sei Rampah agar BPBD Sergai dapat segera memerintahkan petugas dan relawan untuk ke wilayah bencana, katanya.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender