• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

Talkshow Lensa Sergai “ Dinas Sosial Sosialisasi Bansos Rastra”

diskominfo      0

Talkshow Lensa Sergai “ Dinas Sosial Sosialisasi Bansos Rastra”

Sei Rampah,

Dinas Sosial Kabupaten Serdang Bedagai (Dinsos Sergai) merupakan nomenklatur baru yang terbentuk pada tahun 2017 lalu. Saat ini Dinsos Sergai beralamat Kantor di Jalan Negara Km. 41 Desa Pematang Sijoman Kecamatan Perbaungan, dan berkesempatan menjadi narasumber pada talkshow “Lensa Sergai” di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (3/3).

Kepala Dinas Sosial Sergai Misran, SE mengawali talkshow dengan menjelaskan visi dan misi Dinsos Sergai dan program-program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018. Turut mendampingi Sekretaris Dinsos Dra. Hj. Dewi Iriani, M.Pd, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial Hj. Elidariaty, beserta jajaranya.

“Salah satu program kegiatan yang dilakukan Dinsos Sergai tahun 2018 adalah Pelaksanaan Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra). Bansos Rastra berubah dari pola subsidi menjadi pola bantuan sosial (pangan), dan disalurkan secara non tunai”, ungkap Kadis Sosial Misran, SE.

Lebih lanjut Kadis Sosial mengatakan, penerima Bansos Rastra adalah keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksanaan. Penerima Bansos Rastra adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang termasuk dalam daftar KPM yang telah ditetapkan Menteri Sosial, katanya.

Ditambahkan Misran, tujuan Bansos Rastra ini untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemberian Bansos berupa beras berkualitas medium sejumlah 10 kilogram tanpa dikenakan biaya/harga, dan penyalurannya sesuai dengan kebijakan pemerintah, jelasnya.

Selanjutnya yang kedua, Misran menjelaskan mekanisme penyaluran Bansos Rastra yaitu diawali dengan penetapan Pagu oleh Menteri Sosial untuk kemudian disampaikan ke Menko PMK selanjutnya ke provinsi dan kabupaten/kota. Penyaluran Bansos Rastra oleh Kemensos penugasanya kepada Perum Bulog sampai ke titik distribusi (TD), kemudian ke titik bagi (TB) hingga sampai ke KPM, ungkapnya.

 

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender