• diskominfo@serdangbedagaikab.go.id
  • (0621) 442135

“Live Talkshow” bersama Kemenag Sergai : 6 Golongan Orang yang Celaka

diskominfo      0

“Live Talkshow” bersama Kemenag Sergai : 6 Golongan Orang yang Celaka

Sei Rampah,

Mengawali minggu pertama bulan April 2018, setiap hari Senin Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai (Diskominfo Sergai) mengundang Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Sergai sebagai narasumber. Turut hadir Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam Sarwedi Gultom, S.Ag beserta anggota dan sebagai narasumber Ustadzah Nisa, bertempat di Radio Sergai FM Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (2/4).

Dengan tema talkshow “6 Golongan Orang yang Celaka” dan harus kita hindari bersama, Ustadzah Nisa mengatakan, dalam sebuah Hadits Qudsi dinyatakan bahwa ada 6 kelompok orang yang celaka, yaitu pertama ahli ibadah yang celaka karena kesombongannya, kedua orang yang kaya celaka karena kekayaannya, ketiga orang yang miskin celaka karena kemiskinannya, keempat orang yang sehat celaka karena kesehatannya, kelima orang yang berilmu celaka karena keilmuannya dan keenam orang bodoh yang celaka karena kebodohannya, kata Ustadzah Nisa.

Lebih lanjut Ustadzah Nisa menjelaskan, yang dimaksud dengan ahli ibadah yang celaka disebabkan kesombongannya, bahwa dalam ibadah tidak boleh ada perasaan hanya ibadahnya yang akan diterima oleh Allah SWT, merasa dirinya suci dan menganggap orang lain kotor, ria atau ujub dengan ibadahnya seperti mengutarakannya/menuliskannya di berbagai media sosial, jelasnya.

Selanjutnya yang kedua, orang kaya yang celaka karena kekayaannya adalah orang yang tidak bisa memanfaatkan hartanya untuk tujuan yang baik. Begitu juga dengan orang miskin yang celaka karena kemiskinannya adalah mereka yang kemiskinannya itu mengantarkannya kepada kekufuran. Kemiskinan itu sering menjerumuskan orang kepada kekafiran, ungkap Ustadzah Nisa.

Ditambahkannya, golongan orang yang celaka ketiga adalah orang sehat yang celaka karena kesehatannya adalah orang yang ketika sehat dirinya lupa untuk beribadah dan beramal. Kelima orang berilmu yang celaka karena keilmuannya adalah orang yang menyalahgunakan ilmunya untuk tujuan kejahatan dan bukan untuk ikut memajukan dan mengembangkan kesejahteraan masyarakat, dan terakhir adalah orang bodoh yang celaka karena kebodohannya adalah orang yang tidak merasa bahwa dirinya bodoh, dan tidak tergerak untuk belajar. Maka Islam mewajibkan umatnya untuk terus menuntut ilmu agar tidak terjebak dalam lembah kebodohan, katanya.

Dikatakan Ustadzah Nisa, “Banyak hal yang telah dikaruniakan Allah SWT kepada manusia dalam kehidupan, tetapi tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, bahkan cenderung disalahgunakan. Maka, celakalah orang-orang yang tidak menyadari akan nikmat Allah dalam dirinya, sehingga 6 golongan orang yang celaka itu haruslah kita hindari bersama.

Leave a Reply

kadis2.jpg

eGovernment Kabupaten Serdang Bedagai

Profil Dinas Kominfo Serdang Bedagai

Kalender